Inilah Wisata dan Beberapa Kuliner yang Hits di Kabupaten Banyuwangi! (Part 1)

Inilah Wisata dan Beberapa Kuliner yang Hits di Kabupaten Banyuwangi! (Part 1)
info gambar utama

Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten paling timur di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Banyuwangi juga kabupaten terluas di Jawa Timur bahkan terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, mengalahkan luas dari Pulau Bali yang hanya berbeda sedikit, yaitu 5.636,66 km2.

Kabupaten yang memiliki sebutan Sunrise of Java ini memiliki berbagai macam tempat wisata khususnya alam, mulai dari Gunung hingga Pantai. Sepertinya butuh waktu lebih dari sebulan untuk Anda yang ingin menikmati semua wisata alam di Kabupaten Banyuwangi.

Bagi Kawan GNFI yang belum memiliki rencana mau berwisata kemana pada pergantian tahun atau saat tahun baru nanti, Kabupaten Banyuwangi bisa jadi pilihannya. Selain banyak sekali tempat wisata, kulinernya pun juga sangat nikmat.

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi dan beberapa kuliner khas yang bisa kamu nikmati di Kabupaten Banyuwangi :

Teluk Hijau

sumber : Backpackerjakarta
info gambar

Teluk Hijau adalah objek wisata pantai berada di area Taman Nasional MeruBetiri, Banyuwangi. Nama Teluk Hijau diambil dari warna air lautnya yang condong berwarna Hijau.

Jarak antara Pusat Kota Banyuwangi ke Teluk Hijau sekitar 90 kilometer. Untuk menuju Pantai Teluk Hijau, Anda harus melewati hutan tropis yang masih rimbun dengan track yang menurun dan menanjak. Selain melewati hutan tropis, Kawan juga bisa menuju ke Pantai Teluk Hijau dengan menggunakan perahu penumpang jika gelombang lautnya tidak besar, hal ini dikarenakan lokasi Teluk Hijau berada di Pantai Selatan Jawa yang terkenal dengan ombak yang tinggi.

GunungIjen

Wikimedia
info gambar

Gunung Ini sangat terkenal dengan kawahnya yang berwarna biru dan fenomena blue firenya. Gunung Ijen terletak di perbatasan 2 kabupaten, yaitu antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Pendakian juga dapat dimulai dari beberapa tempat, Anda dapat berangkat dari Bondowoso ataupun Banyuwangi.

Sumber : KSMTour
info gambar

Kawah Ijen adalah danau kawah asam yang berada di puncak Gunung Ijen yang memiliki kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Danau tersebut adalah danau air asam terbesar di dunia. Setiap pukul 02.00 hingga 04.00, Anda akan menyaksikan fenomena blue fire yang hanya ada 2 di dunia, yaitu di Gunung Ijen dan di Islandia.

Taman NasionalBaluran

sumber : @sahrulramadanaris via paketwisata.id
info gambar

Taman nasional ini terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara). Nama Baluran diambil dari nama gunung disekitarnya, yaitu Gunung Baluran.

Di sini, kawan akan merasakan seperti berada di Afrika, karena taman nasional ini berjenis vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40% Baluran memiliki vegetasi Sabana.

sumber : wikimedia
info gambar

Kalau rejeki, kawan akan bertemu dengan satwa asli yang tinggal di sini, seperti Banteng (Bos javanicus javanicus), Kerbau liar (Bubalus bubalis), Kijang (Muntiacus muntjak muntjak), Rusa (Cervus timorensis russa), Macan tutul (Panthera pardus melas), Kancil (Tragulus javanicus pelandoc), Kucing bakau (Prionailurus viverrinus). Jika beruntung, Anda juga akan bertemu dengan macan tutul jawa yang melintas di jalan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini