Mengenal 4 Minuman Jawa yang Melegenda

Mengenal 4 Minuman Jawa yang Melegenda

Wedang Ronde, minuman khas Indonesia © JenzCorner.net

Indonesia memang sangat terkenal dengan kekayaan kulinernya. Bagaimana tidak, dengan ribuan pulau dan sukunya, makanan Indonesia pun juga memiliki kekhasan yang berbeda-beda, begitu pula dengan minuman tradisional yang menjadi andalan di setiap daerah masing-masing.

Ketenaran dari minuman ini masih sangat terasa hingga masa sekarang. Bukan hanya para tetua tetapi anak mudanya pun juga menggemari minuman-minuman tersebut. Nah, bagi Anda yang penasaran minuman apa saja itu, berikut adalah daftar minuman legendaris Nusantara yang sangat populer di Pulau Jawa:

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman yang disajikan secara hangat dan menyegarkan. Minuman ini baik untuk kesehatan tubuh Anda, karena bahan-bahanya terbuat dari rempah-rempah seperti jahe. Anda akan mendapati minuman ini disepanjang jalan Yogyakarta. Anda hanya akan mengeluarkan uang sebanyak 10.000 rupiah untuk semangkuk Wedang Ronde.

Wedang Ronde dilengkapi dengan kacang, ronde (seperti kue mochi tapi berisikan kacang tanah), potongan roti kotak-kotak, kolang kaling, kacang hijau, mutiara, dan sebagainya. Untuk kuahnya terbuat dari air jahe dan gula kelapa. Minuman ini walau sudah lama di Indonesia, dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, tapi sebenarnya minuman ini berasal dari Tiongkok

Angsle

Angsle atau yang biasa disebut sebagai wedang angsle ini adalah minuman asal Jawa Timur, tepatnya di kota Malang. Minuman yang satu ini dapat anda temui di malam hari. Oleh karena minuman ini memang sangat cocok untuk diminum di malam hari.

Minuman asli Malang ini berisikan ketan, kacang hijau, potongan roti, petulo (tebuat dari ketan), dan sagu mutiara. Untuk bahan supnya sendriri terbuat dari santan danjahe, biasanya ditambah gula juga.

Wedang Uwuh

Nah, kali ini ada Wedang Uwuh, yang uniknya arti dari minuman ini adalah minuman sampah. Walaupun arti dari minuman ini adalah minuman sampah, jangan ragu untuk mencobanya, karena anda akan mendapatkan sampah yang bukan sembarang sampah yaitu sampah rempah-rempah.

Rempah-rempah yang terdapat dari wedang uwuh sendiri adalah jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis dan daun kayu manis, pala dan daun pala, akar sereh dan daun sereh, kapulaga, hingga gula batu. Rasa dari minuman inisangat unik, Wedah uwuh terasa pedas-pedas manis dan aromanya sangat luar biasa karena ada cengkeh didalamnya.

Bir Pletok

Walaupun namanya bir pletok, tenang saja bagi anda yang beragama Islam, karena minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Sebab, minuman ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, serai, kapulaga, dan kayu secang. Jadi selain rasanya nikmat dan hangat, minuman ini juga sangat menyehatkan bagi tubuh!

Selain itu minuman ini juga memiliki sejarah tersendiri, karena pada saat zaman penjajahan Belanda, pasukan Indonesia bisa melucuti persenjataan Belanda dengan minuman ini. Dengan cara menipu pasukan belanda dan berpura-pura ikut-ikutan mabuk bersama mereka, padahal yang mereka minum ini adalah bir pletok bukan bir sungguhan. Jadilah, mereka bukannya mabuk malah makin sehat dan berhasil melucuti tentara dari Belanda.

Sumber: YoExplore

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Banyuwangi Adakan Simulasi Bencana Tsunami Sebelummnya

Banyuwangi Adakan Simulasi Bencana Tsunami

Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan dengan Gelar Pahlawan Selanjutnya

Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan dengan Gelar Pahlawan

Sasi OKa Okawa
@sasi24

Sasi OKa Okawa

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.