Ekonomi Dunia dalam Satu Gambar. Di Mana Posisi Indonesia?

Ekonomi Dunia dalam Satu Gambar. Di Mana Posisi Indonesia?

Ilustrasi © unsplash.com

Estimasi terbaru dari Bank Dunia menempatkan PDB (Pendapatan Domestik Bruto) global pada kisaran $ 80 triliun secara nominal pada tahun 2017. Tentu saja angka ini menjadi rekor baru dunia. Negara mana saja yang menjadi kontributor signifikan pada PDB dunia tersebut?

Bagan yang dibuat oleh HowMuch.net ini berhasil menggambarkan kontribusi banyak negara dari berbagai kawasan.

Sumber: howmuch.net via Visual Capitalis
Sumber: howmuch.net via Visual Capitalis

10 Negara dengan ekonomi terbesar

Secara nominal, AS masih memiliki PDB terbesar yakni $ 19,4 triliun, dan berkontribusi 24,4% dari ekonomi dunia.

Sementara ekonomi China berada di belakangnya, pada $ 12,2 triliun. Meski begitu, jika dihitung dari sisi PPP (Purchase Power Parity) ekonomi China telah menjadi yang terbesar di dunia sejak 2016.

Dua ekonomi terbesar berikutnya adalah Jepang ($ 4,9 trilyun) dan Jerman ($ 4,6 trilyun). Jika ekonomi ke-4 negara tersebut digabungkan, maka mereka akan menjadi kontributor 50% ekonomi (PDB) dunia.


Movers dan shaker

Selama beberapa tahun terakhir, daftar ekonomi teratas tidak banyak berubah , keempat ekonomi teratas yang disebutkan di atas semuanya berada dalam urutan yang sama persis.

Namun, di luar ke-4nya, kita akan melihat bahwa kekuatan utama yang membentuk masa depan ekonomi global sedang berjalan, terutama di negara-negara emerging.

Beberapa catatan penting adalah:

Ekonomi India telah melewati Perancis secara nominal dengan ekonomi $ 2,6 triliun, yaitu sekitar 3,3% dari total ekonomi global. Pada kuartal terakhir, pertumbuhan PDB India mengalami tingkat pertumbuhan tertinggi dalam dua tahun sekitar 8,2%.

Brasil, meskipun mengalami krisis ekonomi baru-baru ini, telah melampaui Italia dalam peringkat PDB untuk mengambil peringkat ke-8 dunia. Sementara itu, Turki telah melampaui Belanda untuk menjadi ekonomi terbesar ke-17 di dunia, dan Arab Saudi telah melompati Swiss untuk meraih tempat ke-19.

Indonesia, yang telah melampaui titik psikologis $1 trilyun dollar pada tahun lalu, berkontribusi 1.28% pada PDB dunia, tepatnya pada nominal $1.02 trilyun, dan berada di belakang Korsel ($1.53 trilyun) dan Rusia ($1.58 trilyun).

Sumber : World Economic Forum | howmuch.net

Pilih BanggaBangga60%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang11%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi5%
Pilih TerpukauTerpukau11%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pemuda Ini Tidak Hanya Membangun Dirinya, Namun Juga Indonesia Melalui Startup yang Ia Dirikan Sebelummnya

Pemuda Ini Tidak Hanya Membangun Dirinya, Namun Juga Indonesia Melalui Startup yang Ia Dirikan

Aplikasi Ini Ciptakan Pengalaman Belajar Seperti Bermain Game Selanjutnya

Aplikasi Ini Ciptakan Pengalaman Belajar Seperti Bermain Game

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.