Pemanasan Meriam Tercanggih Indonesia: Jalan-jalan Keliling Ngawi

Pemanasan Meriam Tercanggih Indonesia: Jalan-jalan Keliling Ngawi
info gambar utama
  • Yonarmed 12/Kostrad mengajak meriam Caesar 155mm jalan-jalan keliling Ngawi.
  • Kegiatan ini bertujuan untuk pemanasan alutsista canggih ini, dalam rangka perawatan dan pemeliharaan.
  • Jarak yang ditempuh sekitar 20 Km.

Meriam Caesar 155mm yang diawaki Yonarmed 12/Kostrad, baru saja melakukan pemanasan dengan jalan-jalan keliling Ngawi. Pemanasan ini dilakukan dalam rangka perawatan sekaligus pemeliharaan alutsista (alat utama sistem senjata) secara rutin, sesuai prosedur maintenance yang telah ditentukan.

Yonarmed 12/Kostrad sendiri merupakan satuan batalyon yang memiliki alutsista modern, dan salah satu satuan batalyon tercanggih di TNI AD. Untuk melakukan pemanasan meriam Caesar 155mm, Yonarmed 12/Kostrad mengawalnya dengan jalan-jalan keliling Ngawi kurang lebih 20 kilometer.

Persiapan sebelum mengajak jalan-jalan sang meriam | Foto: PEN Armed 12
info gambar

“Pemanasan berjalan ini, dalam rangka merawat dan melancarkan sistem hidrolik dari meriam tersebut,” ujar Danyonarmed 12/Kostrad, Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy, dikutip dari siaran pers yang diterima GNFI.

Mayor Ronald melanjutkan, pada dasarnya cara melakukan pemanasan pada meriam ini ada dua jenis. Pertama adalah pemanasan di tempat, dan yang kedua yaitu dengan berjalan/on road di jalan raya.

“Termasuk pemanasan berjalan jarak jauh, karena jarak tempuhnya lebih dari 15 kilometer,” imbuhnya. Beliau juga menekankan bahwa prajurit TNI AD yang profesional juga dituntut dapat merawat dan memelihara setiap alutsista yang dimilikinya.

Dengan alutsista yang terawat, kecanggihannya akan tetap terjaga dalam upaya mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI. Selain itu, alutsista yang terawatt juga akan sangat membantu prajurit dalam menjalankan tugasnya menanggulangi ancaman-ancaman dari negara lain.

“Maka dari itu kita selaku satuan yang mengawaki salah satu alutsista tercanggih ini, selain harus mampu mengoperasionalkan, juga harus mampu untuk melaksanakan perawatan, Sama halnya dengan tubuh kita. Kalau dipelihara, dirawat dan selalu menjaga kesehatan, maka tubuh pun akan sehat dan kuat. Begitu juga dengan meriam ini. Kita selalu menjaga, merawat dan memeliharanya dengan baik sehingga meriam Caesar ini akan selalu siap untuk mendukung tugas tugas pertahanan negara jika dibutuhkan,” pungkas Mayor Ronald.**

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini