Malin Kundang Berlayar Hingga Florida, Amerika Serikat

Malin Kundang Berlayar Hingga Florida, Amerika Serikat
info gambar utama
Sumber: Asia Trend
info gambar

Pentas teatrikal yang diilhami dari cerita rakyat Indonesia, The Legend of Malin Kundang, menghibur penonton di Dr. Phillips Center for Performing Arts di Orlando, Amerika Serikat, menandai penampilan pertama oleh komunitas diaspora Indonesia di Florida.

Di bawah arahan Voice of Indonesians di Florida (VIDA), pertunjukan berlangsung pada 9 Februari dan melibatkan lebih dari 30 aktor dari Amerika Serikat, serta ekspatriat Indonesia-Amerika yang tinggal di Florida Tengah.

The Legend of Malin Kundang didasarkan pada cerita rakyat Indonesia kuno dari Sumatera Barat tentang pembalasan atas anak yang tidak tahu berterima kasih. Bocah desa yang miskin, Malin, bercita-cita menjadi pelaut seperti ayahnya yang tidak ada untuk meningkatkan kehidupan ibunya.

Pentas Legenda Malin Kundang di Florida, Amerika Serikat oleh VIDA | Sumber: Voice of Indonesians
info gambar

Malin kemudian berhasil menjadi kaya, menikahi seorang putri, dan akhirnya memiliki kapalnya sendiri. Namun, dalam perjalanan kembali secara kebetulan ke desanya bertahun-tahun kemudian, ia menolak untuk mengenali ibunya yang sudah lanjut usia, yang kemudian mengutuknya dan mengubah Malin menjadi batu.

"Legenda Malin Kundang tidak hanya pentas teater yang menghibur dan mudah diikuti, tetapi juga merupakan kisah moral yang hebat bagi anak-anak di mana pun tentang pentingnya berbakti kepada orang tua," kata sutradara teater tersebut, Yuni Rucki dalam sebuah pernyataan.

Selain pertunjukan cerita rakyat yang dramatis, rumah produksi VIDA juga menampilkan beberapa tarian klasik Indonesia dan pertunjukan alat musik tradisional angklung.

"Saat itu adalah momen yang membanggakan bagi diaspora Indonesia di Florida untuk dapat mempromosikan Indonesia di Amerika Serikat dengan cara ini," kata Nana Yuliana, konsuler jenderal Indonesia untuk Houston, kantor perwakilan Indonesia terdekat ke Florida.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini