Robot Penyubur Cabai Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya Juara Internasional

Robot Penyubur Cabai Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya Juara Internasional
info gambar utama

Agrowbot, robot pertanian ramah lingkungan yang diciptakan kolaborasi mahasiswa Fakultas Teknik dan Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, mampu meningkatkan produksi cabai merah.

Mereka yakni Candra Sabdana Nugroho (Fakultas Teknik), Alvan Fajarudin (Fakultas Pertanian), Kris Wahyuningsih (Fakultas Pertanian), Iklillah Maulidiyah Warda (Fakultas Pertanian), dan Alwan Afif Fadhillah (Fakultas Pertanian).

Kelima mahasiswa ini berhasil meraih Silver Medal di ajang 2019 Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition in Thailand Inventor’s Day di Bangkok International Trade & Exhibition Centre, Thailand, 2-6 Februari 2019.

"Kami memilih ini karena ketersediaan cabai merah di Indonesia masih sangat minim (kurang). Sementara kebutuhannya cukup tinggi. Minimnya produksi cabai merah di Tanah Air bisa karena serangan hama atau kena penyakit," kata Candra Sabdana Nugroho pada Tempo.

Kolaborasi mahasiswa Fakultas Teknik dan Pertanian berhasil meraih medali perak di Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu lewat robot pertanian, Agrowbot. Foto: Suryamalang.com
info gambar

Menyinggung cara kerja Agrowbot, Candra menerangkan untuk sistem kerjanya, robot itu bisa membangkitkan medan elektromagnetik pada tanah yang bisa memicu imun atau ketahanan tanaman cabai sehingga lebih tahan penyakit dan bisa memicu percepatan fotosintesis.

Selain itu, robot juga bisa memantau suhu, kelembaban dan intensitas cahaya. Robot akan berjalan otomatis di areal pertanian dan pemilik lahan bisa memantaunya dari jauh misalkan lewat telepon genggam (HP).

“Dengan adanya penerapan teknologi ini diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan konsumsi cabai merah di Indonesia dan menjadi solusi teknik budidaya yang ramah lingkungan,” beber Candra

Menurut keterangan resmi Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Agrowbot dapat digunakan setiap 1 minggu sekali selama masa tanam cabai merah, untuk mendapatkan hasil yang optimal dapat digunakan sebanyak 10-12 kali selama masa tanam dengan waktu pemaparan selama 90 menit tiap penggunaan.

"Ini masih penelitian awal. Masih belum bisa diaplikasikan karena perlu pengembangan lagi, termasuk metodenya agar bisa efektif dan efisien,” ujarnya

Apabila Agrowbot diterapkan pada skala kecil (petani) maupun besar (perusahaan), diharapkan dapat membantu mengurangi penggunaan pupuk dan pestisida anorganik dan meningkatkan hasil panen.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini