Malam Ini, Garuda Muda Melepas Dahaga

Malam Ini, Garuda Muda Melepas Dahaga
info gambar utama
  • Indonesia sukses meraih gelar juara Piala AFF U-22
  • Di partai final, Garuda Muda menaklukkan sang juara bertahan, Thailand, dengan skor 2-1.
  • Ini adalah trofi Piala AFF kedua yang dipersembahkan Indra Sjafri, usai Piala AFF U-19 2013.

Usai sudah penantian gelar juara yang diimpikan Timnas U-22 Indonesia. Setelah berkali-kali gagal menggenggam trofi, malam ini Garuda Muda berpesta. Mereka melepas dahaga gelar juara, dengan menjuarai Piala AFF U-22. Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 2-1

Bermain di National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Indra Sjafri sang arsitek Timnas U-22 menurunkan formasi terbaiknya. Di bawah mistar berdiri Awan Setho, yang disokong kuartet bek Bagas Adi, Nurhidayat, Firza Andhika, dan Asnawi Mangkualam.

Kemudian lini tengah diisi Gian Zola, M. Luthfi, dan Sani Rizki. Mereka bertugas menyuplai bola ke trio lini depan yang dihuni Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, dan Marinus Wanewar.

Pertandingan babak pertama berlangsung sengit. Thailand sang juara bertahan memegang kendali permainan di awal babak kedua, tapi upayanya tak ada yang berbuah gol. Begitupun Indonesia yang mulai tampil lepas jelang akhir babak kedua, namun tak sanggup menciptakan gol.

Babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Di babak kedua, barulah kran gol terbuka. Dimulai dari Thailand yang memecah kebuntuan di menit 57, usai sang kapten, Saringkan Promsupa, menjebol gawang Awan Setho. Akan tetapi keunggulan Thailand tidak bertahan lama.

Dua menit berselang tendangan keras Sani Rizki membentur kepala Marco Ballini, dan berbelok arah masuk ke gawang Korraphat Nareechan. Skor pun kembali sama kuat 1-1.

Gol kemenangan Garuda Muda kemudian dibukukan Osvaldo Haay di menit 63. Pemain muda terbaik GOJEK Liga 1 2018 ini menggetarkan jala lawan lewat sundulannya, memanfaatkan umpan tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Thailand.

Malam ini, anak-anak muda Indonesia bersuka cita. Indra Sjafri sekali lagi memberikan trofi untuk timnas muda Indonesia, setelah menjuarai Piala AFF U-19 2013 bersama generasi Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn, Hansamu Yama, dkk.

Selamat, Garuda Muda! Bangga Indonesia!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini