Anak Angkat Kedua Davao dari Indonesia

Anak Angkat Kedua Davao dari Indonesia
info gambar utama
  • Konjen RI kembali meraih penghargaan Adopted Son of Davao di Filipina.
  • Ini didapat Berlian Napitupulu berkat kinerja apiknya selama menjadi Konjen RI di Davao City.
  • Penghargaan ini adalah yang kedua didapat Konjen RI Davao setelah Burhanuddin Siregar periode Desember 1992-Juni 1996

Mantan Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di kota Davao, Filipina, sekali lagi mendapat penghargaan dari pemerintah setempat. Berlian Napitupulu dianugerahi penghargaan Adopted Son of Davao City (Anak Angkat Kota Davao).

Penghargaan ini diberikan karena Berlian Napitupulu selama masa tugasnya telah melakukan kinerja luar biasa yang membuka jalan bagi semakin menguatnya hubungan antara kota Davao dengan Indonesia.

Beragam kinerja apik Berlian Napitupulu selama penugasannya (September 2016-Januari 2019), antara lain KJRI Davao City menyelenggarakan 19 kali Kegiatan Promosi Dagang, Sosial Budaya dan Pariwisata Indonesia. Enam di antaranya adalah Pameran Solo Ekonomi Perdagangan Indonesia. Pameran dan kegiatan promosi lainnya dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah dan Organisasi setempat.

KJRI Davao City juga menyelenggarakan sejumlah pertemuan bisnis, baik di Mindanao maupun di Indonesia. Nilai perdagangan kedua negara terus mengalami peningkatan pesat dalam tiga tahun terakhir.

Penghargaan Adopted Son of Davao City ini menambah panjang penghargaan yang diraih Berlian Napitupulu, sebelum berpindah tugas menjadi Duta Besar RI untuk Korea Utara. Beliau serta Staf Teknis Imigrasi KJRI Davao City juga sempat memperoleh Hassan Wirajuda Awards 2017 atas kinerja luar biasa mereka dalam perlindungan Warga Negara Indonesia di Mindanao.

Selain itu Berlian Napitupulu juga pernah memperoleh Penghargaan dan Pujian dari Dewan Kota Davao karena dinilai melakukan keteladanan yang berdampak kepada semakin kuatnya hubungan Kota Davao dengan Indonesia.

Berlian Napitupulu merupakan Konjen RI kedua yang memperoleh penghargaan sebagai Adopted Son of Davao. Sebelumnya Dewan Kota Davao juga telah memberikan penghargaan serupa kepada Burhanuddin Siregar atas dedikasi dan kinerjanya ketila menjabat sebagai Konjen RI di Davao City periode Desember 1992-Juni 1996 dalam memperkuat Hubungan dan kerja sama antara Indonesia dengan Filipina Selatan, khususnya Davao City.**

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini