• Indonesia adalah salah satu produsen mobil utama di Asia Tenggara, dengan jumlah produksi terbesar ke-2 di kawasan ini
  • Sebagian mobil yang dibuat di Indonesia tersebut juga diekspor ke luar negeri. Pada 2018, ada 264.553 unit yang diekspor
  • Kendaraan MPV dan SUV mendominasi ekspor mobil Indonesia tahun lalu

Mungkin masih banyak dari masyarakat Indonesia yang masih belum aware bahwa Indonesia adalah salah satu produsen utama kendaraan roda empat di Asia Tenggara. Di kawasan ini, Indonesia berada di bawah Thailand, yang telah lama di juluki sebagai Detroit-nya Asia Tenggara. Detroit sendiri adalah kawasan industri otomotif utama Amerika Serikat.

Mobil yang diproduksi di Indonesia tak hanya dijual di dalam negeri. Pabrikan otomotif yang punya pabrik di Indonesia juga mengekspor mobil-mobilnya ke berbagai negara di seluruh dunia. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor Indonesia sepanjang 2018 tercatat sebanyak 264.553 unit. Beberapa pabrikan mengekspor mobil buatan Indonesia dalam bentuk utuh (completely built-up, CBU). Tapi, ada juga yang mengekspor dalam bentuk terurai dan ekspor komponennya saja.

Setidaknya ada enam pabrikan yang aktif mengekspor kendaraannya dari Indonesia ke luar negeri. Di antaranya yakni Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Hyundai, dan Hino.

Yang menarik adalah ekspor CBU, ini artinya sudah diproduksi dalam bentuk unit mobil utuh. Mengutip data ekspor CBU yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), mobil yang diekspor ke luar negeri terbilang bervariasi. Ada model sport (sport utility vehicle, SUV), serbaguna (multipurpose vehicle, MPV), hingga pikap.

Lalu apa saja mobil-mobil yang laris di luar negeri? Seperti dilansir dari Detik Oto, inilah peringkatnya:

Berikut daftar lengkap mobil rakitan Indonesia yang laris di luar negeri:



Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu