Tari Topeng Samba Cirebon Sukses Pecahkan Rekor ORI

Tari Topeng Samba Cirebon Sukses Pecahkan Rekor ORI

Pemecahan rekor ORI Topeng Samba dan Jaran Larad, Cirebon (3/5/2019) © Erika Lia/Ayocirebon.com

Kolaborasi tari topeng samba dan jaran larad mewarnai milad ke-27 sanggar seni Sekar Pandan di halaman Keraton Kacirebonan, Jumat (3/5/2019).

Sekitar 270 penari berusia anak-anak dan remaja dari sanggar seni Sekar Pandan mempertunjukan seni khas Cirebon sehingga diganjar apresiasi dari Original Record Indonesia (ORI). Tari topeng samba yang dikolaborasikan dengan Jaran Larad dinilai telah berhasil memecahkan rekor penari terbanyak se-Indonesia dengan pakaian topeng samba lengkap.

Pimpinan Sekar Pandan sekaligus kreator tari topeng samba dan jaran larad, Elang Heri Komalahadi menjelaskan, topeng samba merupakan salah satu karakter dalam tari topeng Cirebon. Karakter topeng samba yang direpresentasikan warna putih pada seluruh permukaannya yang menggambarkan kepolosan anak-anak.

"Ini menggambarkan fase anak-anak, gerakannya lincah dan genit," kata Heri kepada Ayocirebon.com.


Dia mengatakan, penggambaran topeng samba berupa pencarian ilmu yang tanpa henti. Layaknya manusia, usia anak-anak menjadi waktu di mana banyak hal yang harus dipelajari. Jaran larad yang dikolaborasikan dengan tari topeng samba hari itu pun menunjukkan semangat penggalian ilmu. Dia menunjuk salah satu ilmu yang sepatutnya digali berupa ilmu tari tradisional Cirebon.

"Jadi pertunjukan ini menggambarkan semangat menggali ilmu seni tari tradisional Cirebon," ucapnya.

Sanggar seni Sekar Pandan sendiri diketahui merupakan binaan Kesultanan Kacirebonan. Dalam kesempatan itu, Sultan Keraton Kacirebon, Sultan Abdul Gani Natadiningrat menyatakan, pertunjukan yang dipertontonkan siang tadi menjadi salah satu bukti eksistensi kesenian khas Cirebon.

Tari Topeng Samba Cirebon dan Jaran Larad yang ditarikan oleh penari dari Sanggar Seni Sekar Pandan mendapat apresiasi dari Original Record Indonesia (ORI). Kumparan.com/Juan
Tari Topeng Samba Cirebon dan Jaran Larad yang ditarikan oleh penari dari Sanggar Seni Sekar Pandan mendapat apresiasi dari Original Record Indonesia (ORI). Kumparan.com/Juan

Dilaporkan Radar Cirebon, sanggar Sekar Pandan juga mengajarkan seni wayang wong, sintren, drama tari, karawitan, gamelan kerenteng dan seni pertunjukan lainnya.

“Kami berharap, dengan pemecahan rekor ORI ini, generasi muda akan tertarik ikut belajar seni tradisional Cirebon. Dan bagi anggota sanggar, akan memotivasi untuk lebih bersemangat melestarikannya,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (DKOPKP) Kota Cirebon menambahkan, dengan pemecahan rekor ORI ini diharapkan bisa menarik kunjungan wisata ke Kota Cirebon.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Mahasiswa UI Raih Juara Tiga pada Kompetisi Robot Bawah Laut Tingkat ASEAN Sebelummnya

Mahasiswa UI Raih Juara Tiga pada Kompetisi Robot Bawah Laut Tingkat ASEAN

Akan Ada yang Baru di Jembatan Suramadu! Selanjutnya

Akan Ada yang Baru di Jembatan Suramadu!

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of Indonesia in 2014, with two exchange programs in Political Science at National University of Singapore and New Media in Journalism at Ball State University, USA. She was awarded Diplomacy Award at Harvard World Model United Nations and named as Indonesian Gifted Researcher by Australian National University. She is an Editor at Bening Communication, previously worked at the Commonwealth Parliament Association UK and a diplomacy consulting firm Best Delegate LLC in USA.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.