KAMAL UCUL, Gantungan Kunci Berbasis Teknologi Karya Mahasiswa UM

KAMAL UCUL, Gantungan Kunci Berbasis Teknologi Karya Mahasiswa UM
info gambar utama

Belajar tidak harus dengan buku. Itulah yang diyakini oleh Tim KAMAL UCUL. Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) ini menggagas sebuah produk inovatif yang mendekatkan kembali budaya Indonesia dengan masyarakat.

Tim KAMAL UCUL mewujudkan penyelesaian masalah dari kurangnya minat terhadap budaya Indonesia, lewat gantungan kunci inovatif berbasis Quick Response Code (QR Code).

“Kita membuat 34 gantungan kunci sesuai provinsi di Indonesia dengan desain yang berbeda-beda. Di sisi belakang gantungan kunci akan terdapat Quick Response Code (QR Code) yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi edukasi budaya,” jelas Nahdhiah, Ketua Tim KAMAL UCUL.

Saat ini hampir semua orang memiliki gawai. Oleh karena itu, kolaborasi antara gantungan kunci yang merupakan benda keseharian dan gadget yang juga dekat dengan kehidupan merupakan strategi dan potensi besar dalam upaya meningkatkan kecintaan sekaligus wawasan terhadap budaya Indonesia.

Gawai yang notabene dapat menjadi sarana berdampak negatif dapat diarahkan ke hal positif sebagai sarana edukasi budaya Indonesia. Gantungan kunci budaya berbasis teknologi merupakan suatu hal yang baru dalam kehidupan.

Gantungan Kunci Provinsi
info gambar

KAMAL UCUL merupakan singkatan dari Key Chain for Smart Learning Our Culture. Nantinya, pembeli gantungan kunci dapat mengunduh aplikasi ‘Cerdas Budaya KAMAL UCUL’ di Google PlayStore dan menggunakannya di gawai.

Selain di gawai, aplikasi ‘Cerdas Budaya KAMAL UCUL’ juga akan dihadirkan untuk versi komputer. Lewat Quick Response Code, pembeli dapat masuk mengakses aplikasi tersebut untuk belajar dan bermain.

Tim KAMAL UCUL dipimpin oleh Umi Nahdhiah dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dengan anggota Nindya Seftiana, Hanif Samsu Angga Risky, Vina Nur Machabbatulillah, dan Kristina Adeliya Putri.

Gantungan kunci seharga Rp 13.000 ini dapat dipesan melalui akun Instagram @ganci_kamalucul dan nantinya juga akan dipasarkan di sekolah, toko oleh-oleh, dan berbagai marketplace untuk menggaungkan budaya Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NZ
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini