10 Palung Samudera Terdalam di Dunia, 2 Terdapat di Asia Tenggara

10 Palung Samudera Terdalam di Dunia, 2 Terdapat di Asia Tenggara

Deep blue sea © Foto: Jeremy Bishop on Unsplash

Dasar laut sangat menarik dengan keunikannya masing-masing. Kedalamannya membuatnya sangat menakjubkan. Kebanyakan samudra memiliki kedalaman hingga ribuan meter, tapi apakah yang dimaksud dengan bagian terdalam dari samudera sebenarnya? Secara sains, hal ini mengacu pada titik maksimum yang dapat diakses atau diteliti.

Setiap bagian terdalam dari samudera disebut sebagai palung samudera. Tapi jika kita mempertimbangkan kedalaman samudra terdalam, kita akan benar-benar takjub. Berikut daftar beberapa titik di samudera yang tergolong paling dalam:

1. Palung Mariana

Lebih dikenal sebagai titik terdalam di permukaan bumi, palung ini berada di Samudera Pasifik, pada Challenger Deep. Dengan kedalaman hingga 10.91 km atau 11,033 meter di bawah permukaan laut, dengan permukaan sepanjang 2,550 km, dekat dengan Pulau Mariana, Filipina, di antara Australia dan Jepang.

2. Palung Tonga

Dekat dengan Palung Mariana terdapat Palung Tonga dengan kedalaman 10,882 meter di bawah permukaan laut. Juga berada di Samudera Pasifik, membuatnya sebagai Palung terdalam kedua di Samudera ini yang telah di eksplorasi manusia.

3. Palung Kuril- Kamchatka

Merupakan bagian terdalam samudera lainnya yang juga terdapat di Samudera Pasifik, palung ini memiliki kedalaman yang cukup mendalam pada 10,500 meter dibawah permukaan laut.

Berada dekat dengan Pulau Kuril dan pesisir Kamchatka, palung ini merupakan penyebab dari aktivitas vulkanik dasar laut di daerah ini.

4. Palung Filipina

Pada kedalaman 1,054 meter, palung ini menjadi palung terdalam ke 4 di seluruh samudera dan juga Samudera Pasifik.

Letak Palung Mariana dan Palung Filipina | Foto: The Mathisen Corollary blog
Letak Palung Mariana dan Palung Filipina | Foto: The Mathisen Corollary blog

5. Palung Kermadec

Palung yang berada di Samudera Pasifik lainnya adalah Palung Kermadec dengan kedalaman 10,047 meter menjadikannya sebagai palung terdalam urutan ke lima di samudera. Dengan permukaan sepanjang 1000 km sebelum di bagian ujungnya bersatu dengan Louisville Seamount Chain, atau pegunungan bawah laut Louisville.

6. Palung Puerto Rico

Terdapat di Samudera Atlantik, palung ini menjadi palung terdalam yang ada di Samudera Atlantik dan titik terdalam yang pernah di eksplorasi di permukaan bumi. Kedalaman hingga 8,800 meter dengan permukaan sepanjang 800 kilometer, palung ini telah bertanggung jawab atas banyak bencana tsunami dan gempa bumi yang terjadi di wilayah ini dengan kejadian terparah pada tahun 1953 dengan kejadian mencapai 8.1 skala Richter. Usaha pemetaan palung ini telah berlangsung lama hingga saat ini.

7. Palung South Sandwich

Terdapat di Samudera Atlantik, palung ini menjadi titik terdalam kedua yang terdapat di Samudera Atlantik. Memiliki kedalaman hingga 8,428 meter dengan permukaan sepanjang 956 km, menjadikannya sebagai salah satu palung yang paling mencolok di dunia. Palung ini diasosiasikan dengan vulkanik aktif.

8. Palung Romanche

Palung ini memiliki kedalaman sedalam 7,760 meter dan permukaan sepanjang 300 km, dekat dengan garis ekuator. Palung Romanche merupakan palung terdalam di Samudera Atlantik dan masuk ke dalam daftar top 15 bagian terdalam samudera.

Palung ini memainkan peran penting dalam distribusi air yang seragam di bagian Atlantik ini.

9. Palung Jawa

Kedalaman hingga 7,725 m, palung ini merupakan yang paling dalam di Samudera Hindia. Terkadang disebut juga sebagai Palung Sunda, berada dekat dengan kepulauan di Samudera Hindia termasuk Jawa, Sumatra, dan Kepulauan Andaman

Letak palung terdalam di bumi | Foto: Geophile.net
Letak palung terdalam di bumi | Foto: Geophile.net

10. Lembah Eurasia

Ditemukan di bawah perairan Laut Arktik yang membeku, palung ini terletak pada kedalaman 5.450 meter dan permukaan sepanjang 350 km. Palung ini menandai titik terdalam dari Samudra Arktik dan bagian terdalam ke 20 dari laut terdalam manapun di dunia.


Sumber: seasia.co

Pilih BanggaBangga16%
Pilih SedihSedih6%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli7%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi15%
Pilih TerpukauTerpukau49%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Banyumas, Jadi Lokasi Dibangunnya Terowongan Kereta Trek Ganda Terpanjang di Indonesia Sebelummnya

Banyumas, Jadi Lokasi Dibangunnya Terowongan Kereta Trek Ganda Terpanjang di Indonesia

Pencapaian Misi Feedloop Yang Didanai East Ventures Selanjutnya

Pencapaian Misi Feedloop Yang Didanai East Ventures

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.