Mengapa Ada Bukber di Antara Kita?

Mengapa Ada Bukber di Antara Kita?
info gambar utama

Bulan puasa menjadi waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dengan kawan lama, dilakukan ketika buka puasa bersama (bukber). Undangan ajakan bukber biasanya dari rekan kerja, teman SMA, atau bersama dengan anak-anak panti asuhan.

Kegiatan ini terus menerus dilakukan dari tahun ke tahun, hal ini seolah-olah menjadi tradisi. Muslim atau Non-muslim ikut merasakan nikmatnya berkumpul dengan teman-temannya.

Kegiatan bukber merupakan wujud pertemuan budaya ketimuran dan ajaran islam. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, pengamat sosial vokasi Universitas Indonesia, Devie Rahmawati mengatakan, sebenarnya dalam ajaran Islam sendiri ada hadis yang berbunyi :

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga."

Sumber : Grid
info gambar

Hadis tersebut kemudian relevan dengan hadis lain yang mengatakan bahwa marilah kita berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan.

Bukber tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, namun di mana pun umat Islam berada.

Namun Devie menjelaskan, bukan berarti tradisi makan bersama ini ada setelah islam masuk ke Indonesia. Kondisi geografis dan karakter masyarakat timur memperkuat tradisi ini. Seperti kondisi cuaca maupun iklim yang termasuk hangat dan karakter ketimuran yang suka berkumpul.

--

Sumber : CNN Indonesia, pexels

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini