Integrasi Taman dan Perpustakaan di Kelurahan Tanah Baru Depok

Integrasi Taman dan Perpustakaan di Kelurahan Tanah Baru Depok
info gambar utama
  • Tim Pengabdi Masyarakat Vokasi UI membangun integrasi taman dan perpustakaan.
  • Program ini dinamakan Taman Aksi UI.
  • Inovasi tersebut dilakukan di Lapangan Olahraga Beji Permai, RW 13, Kelurahan Tanah Baru, Depok.

Ada yang baru di Kelurahan Tanah Baru, Depok, Jawa Barat. Melalui program Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Vokasi UI, kini hadir taman bermain dengan sarana perpustakaan di Lapangan Olahraga Beji Permai, RW 13.

Dengan program bertajuk Taman Aksi UI: Integrasi Taman Bermain dan Pojok Literasi, anggota tim Pengabdi Masyarakat mengintegrasikan taman dengan perpusatakaan, sehingga anak-anak dapat membaca buku dengan nyaman sambal bermain.

Tak hanya itu, taman ini juga menyediakan pemeriksaan kesehatan secara berkala serta menghadirkan tokoh pendidik yang akan membawakan dongeng interaktif.

BACA JUGA: UI Hampir Tembus Peringkat 130 Besar Asia

Ketua Tim Pengabdi, Mareta Maulidiyanti (Dosen Prodi Humas Vokasi UI), menuturkan,

“Tidak hanya menyediakan fasilitas bermain yang menarik dan edukatif, kami juga membuat program pemeriksaan kesehatan setiap satu bulan sekali.”

Lebih lanjut Mareta menambahkan,

“Program ini merupakan bentuk dukungan UI dalam mewujudkan target kota Depok sebagai kota Ramah Anak. Kami ingin mendukung kebiasaan membaca sedari dini serta mengisi aktivitas bermain anak menjadi kegiatan bermanfaat yang mendukung tumbuh kembang anak.”

Pojok Literasi | Foto: Humas & KIP UI

Program yang telah berlangsung sejak April 2019 ini menyediakan dua set mainan outdoor, 100 judul buku bacaan di pojok literasi, dan kegiatan dongeng sebanyak sekali dalam sebulan.

Tingkat partisipasi anak dan orangtua sangat baik, di mana setiap digelar pemeriksaan kesehatan diikuti sekitar 70 anak. Demikian pula aktivitas dongeng dengan mengangkat tema “Siapa yang Boleh Sentuh Aku” diikuti oleh 40 anak beserta orangtuanya.

Permainan outdoor di Taman Aksi UI dapat diakses mulai pukul 6.00–18.00 setiap harinya, sedangkan Pojok Literasi dibuka setiap pukul 16.00–18.00 setiap harinya.

Program Pengabdian Masyarakat yang dijalankan oleh dosen dan mahasiswa Vokasi UI ini diharapkan mampu mendukung kesejahteraan masyarakat dan turut menjawab kebutuhan serta permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat setempat.**

BACA JUGA: Tidak Ada Sinyal di Gunung? Pakai Saja Mountable!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini