Yayasan Asal Indonesia Ini Terima Sponsor dari Google Untuk Kembangkan AI Berbasis Lingkungan

Yayasan Asal Indonesia Ini Terima Sponsor dari Google Untuk Kembangkan AI Berbasis Lingkungan
info gambar utama

Gringgo Indonesia Foundation yang berbasis di Bali telah mendapatkan dana penelitian dan bantuan dari raksasa teknologi Google untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI - Artificial Intelligence) yang akan membantu upaya berkelanjutan negara ini dalam memilah dan mengurangi limbah plastik.

Gringgo Foundation adalah di antara 20 organisasi nirlaba dari 12 negara yang disponsori oleh Google AI Impact Challenge. Google memberikan dana penelitian 25 juta dolar Amerika kepada yayasan tersebut, selain bantuan dan pelatihan dari divisi AI perusahaan teknologi.

Selain itu, Gringgo Foundation juga akan bergabung dengan program Google Launchpad Accelerator enam bulan yang akan berjalan hingga November.

Aplikasi Gringgo | Sumber: Gringgo.co
info gambar

Perwakilan Gringgo Indonesia Foundation, Febriadi Pratama mengatakan ia mengharapkan sponsor Google untuk membawa perubahan positif ke Indonesia.

“Kami baru saja kembali dari program lima hari, bersama dengan 19 penerima sponsor lainnya di San Francisco. Kami mempresentasikan beberapa tujuan yang kami harap akan tercapai pada bulan November ini,” kata Febriadi dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Gringgo Foundation adalah satu-satunya penerima sponsor Google di Asia Tenggara.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa Gringgo Foundation juga akan berkolaborasi dengan firma analisis data yang berbasis di Jakarta Datanest.io untuk mengembangkan teknologi berkelanjutan yang akan membantu Indonesia, serta negara-negara lain, menyelesaikan krisis limbah plastik yang terjadi.

Orang-orang di balik Gringgo | Sumber: Linked In Febriadi Pratama

Perwakilan Google Indonesia Jason Tedjasukmana mengatakan perusahaannya telah memulai program sponsor untuk menggunakan teknologi AI-nya untuk tujuan yang disadari secara sosial.

“Sebagai pelopor dalam teknologi AI, kami telah melihat secara langsung bagaimana AI kami telah membantu menyelesaikan masalah terkait dengan layanan kesehatan, mitigasi bencana, lingkungan, dan aksesibilitas bagi para penyandang cacat fisik,” kata Jason.

“Kami menantikan inovasi AI Gringgo Foundation yang akan membantu Indonesia menyelesaikan krisis limbah plastiknya.”


Catatan kaki: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini