Wawancara CEO Gravicode: Most Valuable Professional Memasyarakatkan Internet of Things (IOT)

Wawancara CEO Gravicode: Most Valuable Professional Memasyarakatkan Internet of Things (IOT)

Penerapan Internet of Things di Kantor Gravicode

Perkembangan dalam bidang teknologi telah mengubah peradaban dunia. Teknologi memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai peralatan elektronik, alat komunikasi, hingga jaringan internet (Internet of Things).

Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep di mana konektivitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya.

Pada era revolusi industri 4.0 tahun 2019 ini, Internet of Things terus bertumbuh, mulai banyak orang yang mencoba mengembangkan solusi-solusi IoT. Internet of Things akan lebih mempermudah kegiatan manusia dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.

Ibnu Fadhil, yang akrab dipanggil dengan sapaan ‘Kang Fadhil’ merupakan CEO PT. Gravicode Multinovation Plexindo dan alumni S2 Ilmu Manajemen Universitas Binus.

Beliau memiliki keyakinan bahwa sebaik-baiknya manusia ialah mereka yang bermanfaat untuk orang lain dan ilmu seseorang dapat menjadi lebih berkah ketika mereka mampu mengajarkan orang lain.

Kantor produksi yang berlokasi di Bogor dapat digunakan oleh pemuda kreatif sebagai maker-space dalam mengembangkan Internet of Things. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk CSR dari PT. Gravicode Multinovation Plexindo.

Gravicode mementori pemuda-pemuda yang tertarik dalam bidang IT. Proses rekrutmen yang unik dari Gravicode ialah keterbukaan bagi kawula muda yang bukan berasal dari rumpun ilmu IT, hanya saja memerlukan kegigihan belajar untuk berproses bersama.

Fadhil sudah memiliki passion pada bidang IT sejak menduduki bangku SMP. Setelah lulus dari Sarjana (S1) Ilmu Komputer, Fadhil bekerja pada sebuah perusahaan konsultan IT.

Beliau mengalami jenjang karier bermula dari junior developer, leader developer, business analyst, hingga project manager dalam kurun waktu dua tahun.

Pengalamannya tersebut sangat diperhatikan, mengenai tugas-tugas dan kemampuan apa saja yang perlu dimiliki oleh masing-masing peran, guna dijadikan acuan ketika Fadhil mendirikan sebuah perusahaan nantinya.

Teman kerja yang memiliki visi yang sama merupakan hal terpenting untuk membangun sebuah bisnis. Suatu hal yang dilakukan dengan tim akan memiliki dampak yang lebih besar dan bertahan lama, dibandingkan beban yang dipikul sendiri.

Untuk itu, perlunya konsolidasi tim dalam mencapai tujuan bersama. Prinsip-prinsip utama Fadhil dalam mengelola loyalitas dengan klien ialah menjaga kepercayaan setiap klien, membangun relasi yang berjangka panjang, tanggung jawab, atas apa yang telah diucapkan, serta treat klien sebagai teman selalu ada untuk mereka.

Service level agreement merupakan suatu hal yang perlu dijaga dalam kegiatan bisnis, segala hal yang dijanjikan harus dieksekusi sebaik mungkin. Kualitas dan kompetensi melebihi kuantitas.

Ketika loyalitas sudah terjalin dengan baik, klien-klien kita akan membantu memasarkan jasa perusahaan, contohnya melalui word of mouth.

Gravicode membuka akses atas perkembangan terbaru pengetahuan dan teknologi yang dapat digunakan oleh karyawannya, sehingga terciptanya budaya untuk selalu berinovasi dari produk dan jasa perusahaan.

Inovasi sangat diperlukan oleh tiap perusahaan. Gravicode melakukan continuous improvement dari produk yang dihasilkan, sehingga fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Continuous improvement tersebut dilakukan dengan melakukan testing product di kantor dan rumahnya. Berikut foto-foto penerapan Internet of Things yang dilakukan oleh Gravicode:

Pengontrolan Hidroponik dengan Internet of Things

Pengontrolan Hidroponik dengan Internet of Things

Tips dan trik bagi kawula muda untuk memulai bisnis dari Fadhil yaitu: keyakinan dan tekad yang kuat, memiliki lingkaran pertemanan dengan passion yang sama, membangun relasi dengan mereka, menetapkan tujuan yang jauh dengan ‘SMART’, memiliki backup plan sebanyak mungkin, melakukan riset dan praktik sedini mungkin, semakin banyak kegagalan di masa muda maka akan menjadi pembelajaran di masa tua, dan memiliki pola pikir yang positif.

Microsoft Most Valuable Professional (MVP) merupakan sebuah penghargaan dari Microsoft. Penghargaan ini ditujukan bagi seseorang yang memberikan kontribusi besar dalam pemanfaatan teknologi Microsoft di bidangnya serta menyebarluaskan pengetahuan tentang teknologi tersebut kepada setiap orang dan komunitas.

MVP merupakan komitmen dari Microsoft untuk mendukung dan memperkaya komunitas dalam mengembangkan keahlian di dunia nyata dalam menggunakan produk Microsoft dan lainnya.

Berkat kontribusi Ibnu Fadhil yang diberikan kepada masyarakat, beliau dianugerahkan sebagai Most Valuable Professional.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Mengenal Young Cassavapreneurs Program Sebelummnya

Mengenal Young Cassavapreneurs Program

Suhu Hingga Minus 7 Derajat Celcius, Mengapa Embun Beku Dieng Datang Lebih Awal? Selanjutnya

Suhu Hingga Minus 7 Derajat Celcius, Mengapa Embun Beku Dieng Datang Lebih Awal?

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.