Ketersediaan Layanan 4G di Indonesia Masuk 10 Besar Asia-Pasifik versi OpenSignal

Ketersediaan Layanan 4G di Indonesia Masuk 10 Besar Asia-Pasifik versi OpenSignal
info gambar utama

Baru-baru ini, OpenSignal merilis laporan koneksi 4G global. Kecepatan berselancar di Indonesia masih lebih baik dari negara tetangga, seperti Thailand, Kamboja, maupun India hingga Bangladesh.

Untuk ketersediaan 4G, Indonesia masih bisa berbangga. Pada laporan yang dirilis OpenSignal tersebut tertulis bahwa Indonesia memiliki ketersediaan jaringan 4G yang mengungguli Prancis, Malaysia, Italia, Turki, Jerman, dan FIlipina, yaknit mencapai 83,5%.

OpenSignal juga menyebut, kecepatan internet download di Indonesia mencapai 6,9 Mbps, sementara kecepatan uploadnya 3,1 Mbps, dengan latensi 64,6 ms dan pengalaman video dengan skor 46,7.

Indonesia berada di 10 besar di negara-negara Asia Pasifik (Sumber : OpenSignal)
info gambar

Namun untuk soal kecepatan internet dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih belum lebih baik. Pada Februari 2019, Indonesia masih berada di posisi ke-74 dari 77 negara dengan kecepatan internet download paling tinggi 18,5 Mbps dan paling rendah 5,7 Mbps. Sedangkan per Mei ini, Indonesia berada di peringkat 73 dari 87 negara.

Korea Selatan masih menjadi juara koneksi internet dengan kecepatan 52,4 Mbps dan ketersediaan 4G 97,5%. Sedangkan pengalaman akses video yang paling baik ditempati oleh Norwegia yang mendapatkan skor 74,7 dan negara-negara Eropa lainnya, yaitu Hungaria, Republik Ceko, Austria, Denmark, Belanda, Swedia, hingga Belgia.

--

Sumber : Detik iNet, OpenSignal

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini