Nostalgia “Susu Segar Nasional”

Nostalgia “Susu Segar Nasional”

Susu Segar Nasional (sumber : sususegarnasional.blogspot.com)

Susu murni nasional~

Siapa yang pernah mendengar jingle susu murni nasional pasti masih terngiang akan kata-kata terakhir dari jingle susu ini. Suara yang akrab ditelinga ini biasanya menggugah keinginan kita untuk membeli susu cup kecil dengan harga yang murah dan rasanya yang enak.

Susu yang biasanya kita temui dari penjual susu keliling ini sebenarnya jika kita jeli melihatnya tidak terdapat tulisan “susu murni nasional”, melainkan “susu segar nasional. Nah, mengenai susu ini tak banyak yang mengetahuinya, untuk itu yuk baca sedikit sejarah dari “Susu Murni Nasional” ini.

Susu Segar Nasional sebenarnya merupakan produk dari CV Cita Nasional yang didirikan pada 10 November 2000 dan diresmikan oleh Menteri Pertanian dan Perkebunan Republik Indonesia waktu itu yakni Prof. Dr. Ir. Bungaran Saragih Mec.

Adalah H. Rudi Kurnia Danu Wijaya yang mendirikan perusahaan dengan nama CV. Cita Nasional karena dorongan keluarga dan perusahaan ini merupakan impiannya sejak lama.

Pabrik susu ini beroperasi di Kopeng, tepatnya di Jalan Raya Salatiga-Kopeng Km 5 Desa Sumogawe Kabupaten Semarang.

Sumber gambar : Youtube account

Perusahaan pengolahan susu murni ini memiliki olahan kemasan cup dan prepack dengan merk “Susu Segar Nasional”. Perusahaan yang memproduksi susu dengan variasi rasa cokelat, strawberry, plain, dan mocca ini menggunakan mesin yang didatangkan dari Eropa dan Amerika Serikat. Sedangkan untuk bahan baku utama CV Cita Nasional memperoleh susu segar dari KUD Cepogo, Andini dan Banyumanik ditambah Skim Milk dari Australia

Terdapat proses panjang dari penerimaan bahan baku, proses, uji kualitas hingga pengemasan. Dalam uji kualitas, CV Cita Nasional melakukan uji kimiawi termasuk uji kadar lemak dan uji Ph, kemudian uji terhadap rasa dan warna.

salah satu iklan Susu Segr Nasional (sumber :https://deskgram.net/explore/tags/pabriksusu)

Sebelum dipasarkan, kualitas susu harus sesuai dengan standar perusahaan supaya dapat dinikmati konsumen dengan aman dan nikmat.

Pemasaran susu ini pertama kali dilakukan di wilayah Surabaya dan kemudian meluas hingga Yogyakarta, Solo, Semarang dan Jakarta.

Perusahaan yang memiliki visi untuk menjadi pelopor perusahaan susu pasteurisasi dan homogenisasi berskala nasional untuk kebutuhan susu ini sebenarnya memiliki produk lain yakni Yoghurt dengan dua rasa yakni strawberry dan rasa mangga.

Susu dengan harga terjangkau ini tentu mengalami persaingan ketat dari merk susu seperti Indomilk,Ultra milk dan lain sebagainya. Pun begitu, kita juga menemukan susu ini di mini market. Biasanya kita dapat menemukan susu murni nasional melalui penjual keliling dengan seragam “susu segar nasional” lengkap dengan jingle nya yang selalu terngiang-ngiang di telinga kita.

Sebenarnya, Susu Segar Nasional merupakan susu yang memiliki kualitas yang baik dan produksi dalam negeri yang harus kita banggakan.

Pilih BanggaBangga91%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi9%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Seniman Jepang Ciptakan Karakter Samurai Indonesia di Olimpiade 2020 Sebelummnya

Seniman Jepang Ciptakan Karakter Samurai Indonesia di Olimpiade 2020

Suhu Hingga Minus 7 Derajat Celcius, Mengapa Embun Beku Dieng Datang Lebih Awal? Selanjutnya

Suhu Hingga Minus 7 Derajat Celcius, Mengapa Embun Beku Dieng Datang Lebih Awal?

1 Komentar

  • Matcha

    sayang sekarang jarang bisa di temui penjualnya dan tidak tersedia di mini market terdekat. padahal suka. huhu

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.