UINSU dan Tanoto Foundation Tingkatkan Kemampuan Mengajar Ratusan Guru Madrasah Swasta

UINSU dan Tanoto Foundation Tingkatkan Kemampuan Mengajar Ratusan Guru Madrasah Swasta
info gambar utama

Peduli dengan peningkatan mutu madrasah swasta, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU) menggandeng Tanoto Foundation melatih para guru madrasah dengan modul pelatihan praktik baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah, dan budaya baca Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran).

Pelatihan tiga hari pada 14-17 Juni 2019 ini pelaksanaannya dipusatkan di Madrasah Miftahul Falah Diski Jl. Paya Bakung No.24 Desa Sumber Melati, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.

Ada 104 guru dan 18 Kepala MI mengikuti pelatihan yang diinisiasi secara mandiri oleh gugus kelompok kerja kepala madrasah wilayah Sunggal.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSU, Dr. H. Amiruddin Siahaan, M. Pd, menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai wujud tanggung jawab untuk peningkatan mutu sumber daya manusia tenaga kependidikan.

“Peningkatan kualitas pendidikan madrasah tidak akan bisa meningkat dengan sendirinya tanpa ada peran serta dari berbagi pihak. Kami dari UINSU yang telah bekerja sama dengan Tanoto Foundation selama satu tahun ini merasa perlu mengembangkan praktik baik pendidikan ini kepada sekolah dan madrasah di Sumatra Utara. Kami menerjunkan para Fasilitator Dosen terbaik untuk mendampingi guru dan kepala sekolah agar dapat terjadinya perubahan yang lebih baik di ruang kelas," ungkapnya.

Pelatihan ini dibagi menjadi dua kelompok yang berjalan secara paralel. Para guru didampingi oleh 10 Fasilitator Dosen UINSU dengan materi pelatihan Pembelajaran Aktif, Mengembangkan Pertanyaan dan Lembar Kerja, Pengelolaan Lingkungan Belajar, Mengembangkan Budaya Baca, Praktik Mengajar, dan Menyusun Rencana Tindak Lanjut Pelatihan.

Kemudian peserta Pelatihan dari Kepala Sekolah didampingi oleh 2 Fasilitator Dosen dengan materi pelatihan Pembelajaran Aktif, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Budaya Baca, Pemantauan Sekolah, Meningkatkan Peran Serta Masyarakat, dan Menyusun Rencana Tindak Lanjut Pelatihan.

Yusri Nasution, selaku koordinator Tanoto Foundation Provinsi Sumatera Utara mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif penyebarluasan Praktik Baik Pendidikan di lingkungan sekolah dan madrasah mitra UINSU.

“Kami sangat mengapresiasi guru dan kepala sekolah madrasah mitra LPTK UINSU yang secara swadaya berinisiatif untuk meningkatkan kemampuan diri dengan meluangkan waktu dan materi baik secara pribadi maupun institusi dengan mengikuti Diseminasi Mandiri Program PINTAR. Modul Pelatihan yang kita siapkan telah mampu menjawab kebutuhan sekolah dan madrasah dengan penerapan pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang bertujuan memfasilitasi siswa dapat berpikir kreatif, percaya diri, berkolaborasi dan memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan baik," jelasnya.

Di tempat terpisah, Armianto, selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengungkapkan tingginya minat guru dan kepala sekolah dalam mengikuti Diseminasi Pelatihan Program PINTAR ini.

“Kami merasa optimis implementasi Program PINTAR bermanfaat bagi guru dan kepala sekolah madrasah. Ratusan guru mendaftarkan diri untuk menjadi peserta pelatihan. Ini di luar perkiraan hingga kami harus membuka 6 kelas ruang pelatihan untuk memenuhi kebutuhan acara. Ke depan kami berharap semua guru dalam gugus wilayah mendapatkan pelatihan yang sama dan dilanjutkan dengan modul berikutnya," ungkapnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AH
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini