Buah Parijoto, 'Warisan' Sunan Muria Kaya Manfaat

Buah Parijoto, 'Warisan' Sunan Muria Kaya Manfaat
info gambar utama

Kawan GNFI, pernahkah mendengar tentang Buah Parijoto?

Buah Parijoto adalah buah yang banyak sekali ditemukan di daerah gunung Muria Kudus Jawa Tengah. Buah tersebut sangatlah terkenal di kalangan masyarakat Kudus karena dipercaya dapat meningkatkan kesuburan hormonal pada wanita sampai menjaga fisik bayi didalam kandungan.

Bentuk dari buah ini sangat mirip dengan anggur namun lebih kecil. Warna ungu kemerahan membuat siapa saja yang melihatnya ingin memilikinya, karena sangat cantik dan sangat menggoda.

Di balik bentuk buah yang cantik ini ternyata buah ini juga dapat dikonsumsi. Buah ini mengandung antioksidan alami seperti tanin, flavonoid dan saponin. Antioksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Sumber : wikipedia
info gambar

Flavonoid pada buah parijoto ini juga memiliki manfaat yang dapat menghambat penyebaran tumor, sel kanker dan dapat menghambat aktivitas enzim yang memicu terjadinya peradangan.

Tanaman ini juga disebut anggur Asia. Memiliki nama ilmiah Medinilla Speciosa L, tanaman ini memiliki tinggi rata-rata sekitar 45 - 60 cm. Tanaman ini tumbuh secara alami di daerah Kalimantan, Jawa dan Filipina.

Sedangkan di pulau Jawa, banyak dijumpai di wilayah gunung Muria, Jawa Tengah, Gunung Andong Magelang dan beberapa gunung lainnya.

Saat berziarah ke makam Sunan Muria di Kudus, tanaman ini dijual di para pedagang pedagang yang menjual buah.

--

Sumber: Intisari, Wikipedia, Adzalmaking

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini