Tak Sekadar Batik, Yuk Cicipi Kuliner Pekalongan

Tak Sekadar Batik, Yuk Cicipi Kuliner Pekalongan
info gambar utama

Kota Batik... di Pekalongan…

Selain di Jogja dan Solo, Pekalongan juga terkenal sebagai sentra batik. Wilayah di Utara Jawa tersebut juga mempunyai sejuta rasa dari kulinernya. Terik siang itu, Sabtu (20/7), bertepatan dengan acara BAKULNASI HVC se-Indonesia, sejumlah rekan-rekan dari HVC Indonesia mencoba untuk jelajah kota Pekalongan.

Nah kebetulan saya naik bus bersama tim piknik. Selepas kerja pada hari Jumat (19/7) pukul 21.00, kami berkumpul di Terminal Pulo Gebang, dengan lima teman saya untuk tujuan Pekalongan. Bus Sinar Jaya yang kami naiki berangkat pukul 21.30 dari terminal Pulo Gebang menuju Pekalongan.

Subuh dengan hawa pantura menyambut kami di Pekalongan. Sebelum ke lokasi acara, ada kalanya kita mencicipi masakan khas Pekalongan sambil sarapan pagi. Acara yang berlokasi di Internasional Batik Centre (IBC) terselenggara atas Tuan Rumah HVC Pekalongan. Hari Sabtu merupakan puncak acara tersebut.

Minggu (21/7) bersama rekan-rekan anggota lain, kami mencoba untuk menjelajahi ciri khas kota Batik tersebut. Mulai dari membeli pakaian batik di Jalan Kertijayan, Pekalongan. Setelah itu masuk blusukan ke dalam gang kecil untuk membeli kripik tahu.

Nah, di sini ciri khasnya kripik tahu beda dengan kripik tahu yang lain. Selain dibuat secara tradisional, kripik tersebut juga diolah tanpa ada tambahan rasa, sehingga aroma tahu tetap ada.

Jalan-jalan ke pasar dengan makanan dan minuman tradisional dapat ditemui di wilayah Pekalongan seperti di Pasar Warungasem.

“Enak, murah, sederhana namun memiliki cita rasa tinggi, itulah makanan tradisional Indonesia, khususnya di Pekalongan. Ada pula serabi Jawa dengan olahan gula merah dan tepung beras, serta ukuran yang besar menambah ciri khas tertentu. Segar minuman es dawet beras dan santan menambah kepuasan tersendiri bagi para pelancong seperti kami," ujar anggota HVC Tangerang, di sela-sela mencicipi serabi Jawa khas Pekalongan.

Di sisi lain rekan-rekan yang menhadiri acara Bareng Kumpul Nasional (BAKULNASI) Seri 9 memeriahkan workshop belajar batik bareng penggiat batik di Pekalongan.


Catatan kaki: sumber dari Bani, HVC Pekalingan, BAKULNASI SERI 9 EVENT NASIONAL

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BK
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini