Pecel Lele: Rasanya Menggoyang Lidah, Spanduknya Memikat Mata

Pecel Lele: Rasanya Menggoyang Lidah, Spanduknya Memikat Mata

Spanduk pecel lele Lamongan © instanshop.com

Apa kalian pernah merasakan renyah dan gurihnya pecel lele yang dijajakan di pinggir jalan? Sambal cobek dan lalapannya yang selalu menyertai, membuatnya lebih menggugah selera.

Selain menu dan rasanya yang khas, salah satu atribut yang tak pernah ketinggalan dan menjadi ciri tersendiri di warung pecel lele adalah spanduk.

Kalau kamu mencari warung makan tenda pinggir jalan, apa yang akan menarik pandangan matamu pertama kali? Salah satu jawabannya pasti spanduk.

Spanduk yang digunakan oleh warung makan tenda pinggir jalan tentu memiliki fungsi, selain untuk menjadi kain penutup atau pembatas warung, juga digunakan untuk menarik perhatian siapa saja yang melintas di sekitarnya.

Spanduk pecel lele dan pecel ayam yang ‘seragam’ ternyata memiliki cerita di baliknya. Warna terang untuk mewarnai huruf sengaja digunakan supaya menarik perhatian dan tetap menyala meski pada malam hari.

Gambar lauk yang disajikan sengaja dibuat besar untuk memberitahu pengunjung apa saja menu utama yang menjadi andalan.

Hartono, pembuat spanduk pecel lele | Vice.com

Mengutip dari CNNIndonesia.com saat berkesempatan mewawancarai Hartono, salah satu pembuat spanduk pecel lele sejak 2008, dahulu Lamongan belum memiliki menu pecel lele yang ada hanya soto ayam atau soto Lamongan.

Para pedagang kemudian membuat spanduknya sendiri. Pria berumur 49 tahun yang akrab disapa Har ini juga menceritakan bahwa pecel lele dan ayam baru muncul di Lamongan akhir era ’70-an’.

Uniknya, dulu penggambaran ayam dan lele yang khas saat ini tidak mirip sama sekali dengan hewan aslinya. Namun mereka terus berusaha memperbaiki, hingga pada 1980an perkembangan pesat pembuatan spanduk lukis pecel terjadi.

Spanduk pecel lele tersebut memiliki sebutan sendiri yakni “letter”. Hijau muda, oranye, kuning, dan jambon menjadi paduan warna gradasi dari huruf yang ada pada spanduk pecel lele. Pembuatannya menggunakan teknik lukis.

View this post on Instagram

Title: leleshirt white Type : shirt Collaboration with : @originalquzzy Fabric: poplin Idr : 280.000 (exclude shipping) ➖ Isi untuk pemesanan Order form: [Name | Phone number | Address | Tittle | Size | Quantity] ➖ Available S, M, L, XL, XXL. Size Chart: S : 65x49 M : 68x52 L : 71x54 XL : 73x57 XXL : 76x60 • Contact: Text message / Whatsapp : 085775863322 ID Line : @kamengski (use @) • Pemesanan akan dilayani setiap hari Senin s/d Minggu dari pukul 11.00 - 22.00 wib. Barang akan dikirim keesokan harinya setelah melakukan pembayaran. Hari Sabtu dan Minggu hanya melayani pemesanan saja, tidak ada pengiriman barang. • Harap bersabar, karena pemesanan akan dibalas satu persatu aku sayang ibu. Untuk nomor resi, dapat diminta 2 hari setelah barang dikirim. • Segara lakukan pemesanan sekarang juga because karena this is very limited terbatas.

A post shared by Kamengski Catalogue (@kamengski_stuff) on

Keunikan desain spanduk pecel lele diadopsi oleh salah satu produk fesyen Kamengski milik Sulaiman Said. Melalui akun Instagramnya @kamengski_stuff, produk fesyen dengan desain yang unik dipamerkan, salah satunya kemera dengan gambar lele, ayam, dan kepiting yang khas seperti spanduk warung tenda pinggi jalan.

Tak ketinggalan kaos dengan tulisan Lamongan yang mencolok serta gambar hewan yang biasa dijadikan lauk pauk.

Sumber: cnnindonesia.com | food.uzone.id | qraved.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Di Negara Tropis, Saljunya Justru Abadi Sebelummnya

Di Negara Tropis, Saljunya Justru Abadi

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.