Batik Palbatu, Guratan Kehidupan

Batik Palbatu, Guratan Kehidupan

Diantara kain produk Rumah Batik Palbatu Jakarta © Rekam Indonesia

Batik Indonesia dinilai sarat teknik, simbol, dan budaya yang terkait dengan kehidupan masyarakatnya. Sebab Batik tidak lepas dari sejarah kerajaaan di masa lalu. Hal itu berdasarkan sebuah mitos pada abad ke-7, dimana seorang pangeran dari Pantai Timur Jenggala bernama Lembu Amiluhur memperisteri seorang puteri bangsawan dari Koromandel. Puteri tersebut mengajari seni membatik, menenun, dan mewarnai kain kepada para dayangnya. Dari itulah orang-orang Jawa memiliki kemampuan membatik.

Awalnya batik merupakan kesenian gambar di atas kain yang dikhususkan untuk pakaian keluarga para raja Jawa dan pengikutnya. Batik hanya dikerjakan terbatas dalam lingkungan keraton. Namun karena banyak pengikut raja bertempat tinggal di luar keraton, maka kesenian batik ini dibawa ke luar keraton dan dikerjakan di rumah masing-masing abdi dalem. Lengkapnya bisa tonton video di RekamIndonesia.id


Catatan kaki: rekamindonesia.id

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Dedikasi Mbah Sadiman Pada Lingkungan Lewat Tanaman Beringin Sebelummnya

Dedikasi Mbah Sadiman Pada Lingkungan Lewat Tanaman Beringin

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.