Bandung - BIJB 1 Jam Melalui Cisumdawu

Bandung - BIJB 1 Jam Melalui Cisumdawu

Tol Cisumdawu © Sumber: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berencana untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol Cisumdawu di Jawa Barat pada akhir tahun depan. Sekitar setengah dari jalan tol 62 kilometer dari Cileunyi melalui Sumedang ke Dawuan akan siap untuk musim perjalanan Idul Fitri 2020.

"Untuk eksodus Idul Fitri 2020, seksi 1 hingga 3 ke Sumedang diharapkan dibuka secara fungsional," Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Indonesia Danang Parikesit mengatakan dalam sebuah pernyataan pers pada hari Kamis.

Jalan tol Cisumdawu, yang akan menghubungkan Bandung dengan Majalengka, diharapkan akan meningkatkan aksesibilitas Bandara Internasional Kertajati, yang saat ini berjuang untuk menarik penumpang. Penyelesaian jalan adalah untuk memangkas waktu perjalanan dari Bandung ke bandara yang baru diresmikan menjadi hanya 1 jam dari sekitar 2,5 jam saat ini.

Pembangunan jalan tol Cisumdawu | Sumber: Kompas Properti

Pembangunan jalan tol Cisumdawu dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan swasta. Pemerintah bertanggung jawab untuk mendukung pembangunan bagian 1-2, bentangan sepanjang 29 km. Sementara itu, pembangunan ruas 3-6 sepanjang 32,8 km dilakukan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Badan Usaha Jalan Tol.

Akuisisi tanah telah menjadi kendala untuk pembangunan, kata Danang. Untuk mempercepat proses, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerja dengan pemerintah Jawa Barat, administrasi Subang, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan lembaga lainnya, memastikan bahwa proses pembebasan lahan dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Daerah perbukitan di daerah ini merupakan tantangan lain bagi para developer, karena membuat penggalian dan penimbunan menjadi sulit dilakukan.

“Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono telah menginstruksikan kementerian untuk membantu pemerintah lokal meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal mereka sehingga pemerintah lokal berada di garis depan [pembangunan daerah] sementara kami membantu mereka,” kata Danang, yang agensinya berada di bawah kementerian.


Catatan kaki: Jakarta Post

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Revolusi untuk Para Gamers Indonesia Sebelummnya

Revolusi untuk Para Gamers Indonesia

Ada 8 Universitas Negeri dari Indonesia yang Masuk dalam Daftar 1000 Universitas Terbaik Dunia Selanjutnya

Ada 8 Universitas Negeri dari Indonesia yang Masuk dalam Daftar 1000 Universitas Terbaik Dunia

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

I work here because I value positivity. In the midst of social media era I wish that everyone builds harmony through positivity, so I start from myself.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.