Jadi Pendongeng Bisa Go International Juga Lho!

Jadi Pendongeng Bisa Go International Juga Lho!

Kak Aio di salah satu Event ©madiuntoday.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Sebagian orang mungkin menganggap profesi seorang pendongeng adalah hal yang biasa saja dan mungkin tidak dapat menghasilkan apa-apa, tapi tidak dengan pendongeng satu ini yang memiliki nama panggilan Kak Aio.

Pria yang memiliki nama panjang Mochamad Ariyo Faridh Zidni yang lahir di Jakarta 18 Juni 1980 ini merupakan lulusan S1 Program Studi Ilmu Perpustakaan & Informasi.

Hampir 20 tahun Kak Aio berkecimpung dalam dunia pendongeng. Di Indonesia Kak Aio sudah mulai mengenal dunia perdongengan sejak ia berkuliah pada tahun 1999. Melalui dongeng ia sudah menjajaki Aceh hingga Papua dan mancanegara juga tak ketinggalan.

Awal mula kak Aio mendongeng sewaktu ia mengunjungi rumah sakit dan mendongeng di sana. Setelah itu ia mulai menyukai dongeng dan melanjutkannya hingga sekarang. Hingga saat ini Kak Aio masih menyebarkan dongeng yang ia emban dengan mendongengkan cerita untuk anak-anak, bahkan melakukan pelatihan mendongeng untuk mereka yang tertarik dengan dunia pendongeng di Indonesia.

Berbagai pengalaman menjadi pendongeng telah ia alami,termasuk menjadi bagian dalam penyembuhan trauma melalui dongeng untuk anak korban bencana alam di Aceh, Lombok, Yogyakarta dan lainnya. Selain itu, hingga kegiatan dongeng di acara sekolah, perpustakaan, serta perusahaan dan beragam festival perusahaan lainnya.

Menjadi seorang pendongeng juga memacu kak Aio untuk terus membagikan ilmu yang dia dapat kepada orang. Beliau sering kali menjadi narasumber pelatihan mendongeng pada banyak festival dongeng Internasional di Singapura, India, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Bukan hanya itu saja Kak Aio juga aktif menginisiasi beberapa pembentukan komunitas. Seperti komunitas Reading Bugs Indonesia, Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, serta inisiator festival dongeng di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, Surabaya, Ambon, Poso, Aceh, dan Lombok. Berlatar belakang dunia literasi, kepustakawanan dan pendidikan anak serta tidak lupa juga kapasistasnya sebagai soft-skill Master Trainer.

Kak Aio @ youtube.com

Selain itu, Kak Aio pernah menjadi dosen yang mengajar mata kuliah penuturan cerita di Universitas Indonesia dan Dosen Tamu di beberapa Universitas dengan beberapa subjek yang berkaitan dengan dongeng. Ariyo juga salah satu pendiri Federasi pendongeng Asia (FEAST) yang didirikan di Singapura bersama beberapa pendongeng Inrernasional lainnya.

Dongeng Kak Aio tentunya tidak biasa namun spesial. Kak Aio menyakini bahwa kekuatan dari dongeng adalah cerita dan hanya penguasaan pembawa ceritanya. Baginya setiap cerita yang baik memiliki keajaiban, dan keajaiban cerita itulah yang diberikan oleh Kak Aio ke penikmat dongengnya.

Proses bercerita Kak Aio pun tidak terlalu banyak menggunakan alat bantu, cerita Kak Aio dan caranya bercerita selalu mempesona dan menarik perhatian pendengarnya dan berinteraksi dengan emosi pendengarnya, baik itu anak-anak atau orang dewasa. Bagi Kak Aio Dongeng adalah pengalaman bersama melalui kekuatan narasi.

Ternyata mendongeng itu menyenangkan bukan? Mendapat pengalaman serta relasi yang tentunya tidak dapat diragukan lagi. Tertarik menjadi penerus Kak Aio?***

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Melalui Doodle, Google Peringati Ulang Tahun Chrisye ke-70 Sebelummnya

Melalui Doodle, Google Peringati Ulang Tahun Chrisye ke-70

Program BEKUP 2020 Dibuka, Startup di Daerah Diharapkan Bisa Lahirkan Inovasi Baru Selanjutnya

Program BEKUP 2020 Dibuka, Startup di Daerah Diharapkan Bisa Lahirkan Inovasi Baru

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.