Gandeng UMKM, Reyog Jazz Angkat Pariwisata Ponorogo

Gandeng UMKM, Reyog Jazz Angkat Pariwisata Ponorogo

Salah satu tujuan Reyog Jazz Ponorogo adalah untuk meningkatkan sektor pariwisata Kabupaten Ponorogo © Wihdi Luthfi

Reyog Jazz Ponorogo (RYP) kedua kalinya digelar di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo pada 11-12 Oktober 2019. Berlatarkan keindahan Telaga Ngebel, Reyog Jazz sukses membuat penonton terkagum-kagum. Selain menampilkan kolaborasi antara kesenian daerah Reyog dan musik Jazz, Reyog Jazz Ponorogo juga menggandeng beberapa UMKM sebagai bentuk partisipasi untuk mengangkat sektot pariwisata Ponorgo.

Salah satu UMKM yang ada di lapangan Telaga Ngebel adalah dari perempuan bernama Nabila. Nabila adalah salah satu warga asli daerah Ngebel yang memproduksi beberapa makanan untuk dijual menjadi ciri khas oleh-oleh dari wisata Telaga Ngebel. Salah satu hasil produksinya adalah Sambal Ikan Tuna yang kini sudah dikenal hingga kota Jakarta dan beberapa kota di Kalimantan. Nabila bercerita jika usahanya merupakan salah satu upaya untuk mengangkat nama Telaga Ngebel agar lebih dikenal masyarakat luas melalui makanan khas yang diproduksinya bersama beberapa ibu rumah tangga.

Nabila, salah satu penggerak UMKM di Ponorogo bercerita bahwa Telaga Ngebel memiliki nilai lebih untuk sektor wisata. Namun, Ngebel belum memiliki makanan khas sebagai oleh-oleh, maka dari itu Nabila berinisiatif untuk mempromosikan hasil produksi UMKM nya menjadi oleh-oleh khas Telaga Ngebel | Sumber Wihdi Luthfi

Selain Nabila, stand UMKM yang berada di lapangan Telaga Ngebel juga ada beberapa UMKM dari desa binaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Stand-stand tersebut menjajakan makanan khas Ponorogo dan makanan yang menjadi ikon untuk desa binaan tersebut. Dengan dijajakan di acara-acara besar seperti Reyog Jazz Ponorogo tersebut, identitas-identitas Ponorogo yang diwakilkan melalui makanan maupun minuman khas Ponorogo dapat menjadikan Ponorogo semakin dikenal oleh masyarakat baik masyarakat lokal, regional, nasional bahkan hingga internasional.

Acara Reyog Jazz Ponorogo tersebut dihadiri oleh musisi-musisi handal baik dari musisi lokal seperti Apprentice hingga musisi internasional yakni Yvon Thibeault (Kanada) dan Bennet Brandeis (Amerika Serikat). Selain itu, Reyog Jazz Ponorogo turut dihadiri oleh Bupati Ponorogo yakni Drs. H. Ipong Muchlissoni yang juga secara resmi membuka acara Reyog Jazz Ponorogo 2019 dengan pukulan gong di atas panggung yang sebelumnya diawali dengan Reyog dari kelompok Simo Budi Utomo yang diiringi oleh grup jazz Ber6.


Catatan kaki: Reyog Jazz Ponorogo 2019

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tidak Hanya Manusia, Nasi Juga Bisa Begadang Sebelummnya

Tidak Hanya Manusia, Nasi Juga Bisa Begadang

Benteng  Ulantha, Tempat Favorit Penikmat Senja di Gorontalo Selanjutnya

Benteng Ulantha, Tempat Favorit Penikmat Senja di Gorontalo

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Mahasiswa semester 7 program studi Komunikasi Penyiaram Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.