Museum Transportasi bernama Museum Angkut

Museum Transportasi bernama Museum Angkut
info gambar utama

Ketika liburan tiba pastinya kita akan mencari destinasi wisata yang asik dan tentunya instagramable. Wisata alam mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan sudah sering dilakukan. Salah satunya adalah kota Malang yang terkenal dengan wisata alamnya dan suasananya yang sejuk. Tapi saat ini Malang bukan hanya dikenal dengan wisata alamnya, Malang juga dikenal dengan museumnya yang unik.

Ada satu destinasi wisata di Jawa Timur yang bernama museum angkut. Museum Angkut Malang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Bukan tanpa alasan museum ini diberi nama Museum Angkut, didalamnya museum ini menyajikan banyak alat transportasi yang ada di dunia dari zaman dahulu hingga sekarang. Kata angkut sendiri diambil dari kata angkutan atau alat transportasi.

Museum Angkut pertama kali dibuka pada 9 Maret tahun 2014. museum ini adalah salah satu museum yang bisa dijadikan sebagai tempat edukasi mengenai transportasi. Museum ini berada di Jl. Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Sampai saat ini Museum ini belum ada yang menandingi karena memiliki beragam koleksi sarana transportasi yang lengkap dari seluruh dunia. Sebagian koleksi di museum ini bahkan berupa mobil dan motor yang sangat langka. Museum ini menjadi salah satu objek wisata pertama di Indonesia dan bahkan Asia yang mempunyai koleksi lebih dari 300 unit mobil antik, kuno dan modern, baik yang sudah dijalankan dengan mesin dan yang belum memiliki mesin.

bagian dalam museum angkut @erudisi.com
info gambar

Museum Angkut Malang adalah tempat wisata yang dikembangkan oleh Jawa Timur Group. Selain Museum Angkut, terdapat tempat wisata Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa), Eco Green Park, Predator Fun Park, Museum Tubuh, dan juga Batu Night Spectacular.

Selain bisa melihat berbagai koleksi transportasi mobil dan motor, kita juga dapat melihat berbagai replika bangunan landmark yang sangat khas dari berbagai negara yang ada di dunia yang menjadi latar belakang dari display kendaraan yang diproduksi suatu negara tersebut. Untuk harga tiket pada weekday dan weekend berbeda. Jam operasional dari Museum Angkut Malang yakni pukul 12.00 WIB - 20.00 WIB.

Museum angkut dibagi menjadi beberapa zona seperti:

  1. Zona Hall Utama adalah zona yang akan Anda temui ketika pertama kali masuk ke dalam ruangan Museum Angkut, berada tepat setelah melewati pintu masuk berupa aula utama yang berkesan mewah dan memuat berbagai koleksi kendaraan yang populer dari berbagai zaman di seluruh dunia.
  2. Zona Edukasi – Area ini menitik beratkan kepada pameran alat – alat angkut yang memiliki nilai sejarah dari Indonesia dan luar negeri dan merupakan representasi visi dan misi Jatim Park Grup sebagai pengelolanya. Zona seluas 900 meter persegi ini akan menjadi area yang sangat menarik bagi para penggemar otomotif. Salah satu kendaraan favorit di lokasi ini adalah mobil Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno.
  3. Zona Sunda – Zona ini bernuansa Batavia tempo dulu berupa pelabuhan terbesar di masa kolonial Belanda yang didominasi penampakan para penduduk Belanda. Landmark yang ada disini adalah replika Menara Syahbandar dan berbagai tipe angkutan yang ada pada zaman Belanda tersebut yang ada pada masa kolonial Eropa di Indonesiadan masa penjajahan Belanda di Indonesia. san beberapa zona lainnya.

Penasaran dengan museum ini bukan? Yuk nikmati liburanmu di Museum Angkut Malang!

Sumber: detik | Sejarahlengkap

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini