Peninggalan Pengobatan & Kesehatan di Museum Kesehatan Surabaya

Peninggalan Pengobatan & Kesehatan di Museum Kesehatan Surabaya

Museum Kesehatan Surabaya | Sumber: Pexels.com

Museum merupakan tempat tersipannya barang-barang bersejarah, dan sarana untuk mendapat ilmu pengetahuan melalui benda yang ada di dalamnya. Museum Kesehatan Surabaya ini menyimpan berbagai koleksi seperti alat-alat kesehatan dari zaman dahulu hingga sekarang. Berlokasi di Jl. Indrapura no. 17 Surabaya. Museum kesehatan ini menyimpan berbagai koleksi yang berhubungan dengan dunia kesehatan mulai dari pengobatan tradisional, alat-alat medis/non medis, dan berbagai informasi lainnya.

Dengan adanya museum kesehatan surabaya ini selain menambah destinasi pariwisata juga menjadi upaya untuk melestarikan, arsip, serta wadah informasi terkait perkembangan kesehatan di Indonesia.

Sejarah Museum Surabaya

Museum Kesehatan Surabaya

Museum Kesehatan Surabaya | Sumber: letsgo2museum

Museum ini didirikan pada tahun 990 oleh seorang dokter bernama Dr. Haryadi Soeparto. Hanya saja baru benar-benar diresmikan oleh Menteri Kesehatan, Dr. Achmad Sujudi pada tahun 2004 silam tepatnya tanggal 14 September. Bersamaan dengan peresmian tersebut dibuat pula perpustakaan khusus yang mempunyai berbagai koleksi buku, kaset rekaman, majalah, video, dan bahan pustaka lainnya terkait sejarah perkembangan kesehatan di Indonesia.

Bertempat di Jalan Indrapura 17, Kemayoran, Krembangan, museum ini dikenal sebagai salah satu tempat yang menyimpan koleksi kesehatan terlengkap di Indonesia. Dengan mengunjungi museum ini, kita dapat mengetahui sejarah perkembangan dunia kesehatan di Negara Indonesia. Sebelum diubah menjadi sebuah museum, bangunan ini dulunya merupakan sebuah rumah sakit kelamin yang berskala internasional dan paling besar di Asia Tenggara. Hal tersebut nampak dari bentuk bangunan yang mempunyai lorong-lorong persis seperti sebuah rumah sakit.

Museum atau bekas rumah sakit ini dibangun pada tahun 1950 oleh Menteri Kesehatan RI DR. J Leimena sebagai rumah sakit kelamin. Prof Dr. Sutopo adalah seorang ahli penyakit kulit dan kelamin yang ditugaskan mengadakan penelitian yang berkaitan dengan penyakit kulit dan pemberantasan penyakit kelamin. Peletakan batu pertama dilakukan pada 10 Nopember 1951 dan Prof Dr. Sutopo diangkat menjadi direktur rumah sakit pada bulan Oktober 1953.

Koleksi Museum

Ruang Koleksi Museum

Museum ini memiliki beragam koleksi yang dapat kalian lihat dan pelajari. Mulai dari koleksi literatur berupa tulisan, jurnal, dan arsip tentang sejarah tokoh-tokoh pahlawan kesehatan di Indonesia dan alat-alat medis zaman dahulu. Tidak hanya berbentuk tulisan dan foto saja, museum ini juga menghadirkan medium lainnya berupa video visual, kaset, dan majalah guna menjadi media alternatif pengunjung untuk memahami isi dari museum kesehatan dr. Adhyatma.

Ada pula beberapa gambar tokoh penting yang di pajang di museum. Tokoh tersebut misalnya para menteri yang pernah menjabat dari masa ke masa, para tokoh kesehatan Indonesia dan dunia, dan dokter dunia yang berperan penting pada perkembangan ilmu kesehatan. Seperti Dr. Adhyatma yang pernah menjabat menjadi menteri Kesehatan RI di tahun 1988 sampai tahun 1993. Kemudian ada pula Nona M. Thomas sebagai dokter perempuan pertama, dan tokoh tokoh lainnya.

Ruang dan Letak Museum

Ruang dan Letak Museum

Sasana atau Ruang dalam Museum | Sumber: http://mariaolyviaeven.blogspot.com

Arsitektur bangunan yang dulu merupakan bekas rumah sakit ini menjadikan museum ini memiliki banyak lorong dan ruang-ruang yang saat ini dipakai untuk mengarsipkan barang-barang bersejarah. Ruang tersebut dijuluki Sasana dan dibagi menjadi beberapa ruang, yaitu:

  • Sasana Pendidikan dan Organisasi Kesehatan

sasana ini berisi koleksi museum yang berkenaan dengan pendidikan dan profesi petugas kesehatan tempo dulu, seperti SK Pengangkatan Perawat, Pakaian Petugas Kesehatan, atau struktur organisasi kesehatan kala itu.

  • Sasana Alat Medis dan Non Medis

sasana ini menampilkan koleksi museum yang berhubungan dengan sarana dan prasarana penunjang kesehatan yang ada di tanah air ini, seperti alat perkantoran di lingkungan rumah sakit hingga kendaraan yang dipakai petugas kesehatan dalam memberantas malaria.

  • Sasana Kesehatan Reproduksi

Ruangan ini berisikan oleh berbagai peralatan kesehatan reproduksi termasuk kesehatan ibu dan anak-anak dari berbagai budaya. Di dalamnya juga termasuk koleksi mengenai kesehatan kehamilan, persalinan, khitan, dan keluarga berencana.

  • Sasana Daur Ulang

Sasana ini menampilkan koleksi museum yang berhubungan dengan sejumlah alat-alat kesehatan yang “disulap” menjadi alat-alat yang berguna bagi manusia dan aman untuk dipergunakan.

  • Sasana Penyembuhan Tradisional

Sasana ini terdapat beberapa alat medis yang terkait dengan kepercayaan atau supranatural dan dunia gaib yang berkembang di masa lampau. Tak jarang hal-hal tersebut justru masih berkembang hingga sekarang. Sasana ini juga yang menjadi salah satu daya tarik dari museum ini. Koleksi di sasana ini terdiri dari benda-benda asli, replika, atau foto dari berbagai alat atau ritual kesehatan tradisional dari seluruh wilayah di Indonesia

  • Sasana Genetika

Ruangan ini menampilkan koleksi museum yang berhubungan dengan pengetahuan masalah genetika baik secara medis kedokteran maupun antropologis. Sejumlah aneka struktur silsilah dipamerkan dalam sasana ini.

  • Sasana Kencana

Sasana ini memamerkan koleksi museum yang berkaitan dengan prestasi yang diperoleh dalam dunia kedokteran kita, termasuk ide-ide brilian para dokter tempo dulu. Sasana ini menampilkan sejumlah penghargaan yang terjadi dalam dunia kedokteran kala itu.

Dibangunnya Museum Surabaya ini adalah salah satu upaya untuk melestarikan warisan budaya dan mengabadikan setiap peristiwa penting yang berkaitan dengan bidang kesehatan. Hal ini di inisiasi oleh Departemen Kesehatan Indonesia dengan diwakilkan oleh Pusat Pengembangan Riset Teknologi dan Pelayanan Kesehatan Surabaya. Dengan adanya pembangunan museum tersebut, di harapkan masyarakat akan lebih mengenal tentang kesehatan baik para tokoh, menteri, atau peristiwa penting yang berkaitan dengan kesehatan.

Sumber: sejarahlengkap.com, situsbudaya.id

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Aries Susanti Pecahkan Rekor Dunia Lewat Olahraga Panjat Dinding Sebelummnya

Aries Susanti Pecahkan Rekor Dunia Lewat Olahraga Panjat Dinding

Dari Bandung ke Langit Himalaya Selanjutnya

Dari Bandung ke Langit Himalaya

Ilham Prakosa
@ilhamprakosa

Ilham Prakosa

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.