Mewujudkan SDGs untuk Pembangunan Berkelanjutan Indonesia

Mewujudkan SDGs untuk Pembangunan Berkelanjutan Indonesia
info gambar utama

Seperti yang sudah kita ketahui, PBB atau yang disebut United Nations memiliki 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals).

Tujuan ini berada di berbagai aspek, mulai dari pendidikan, kesehatan, lingkungan, hingga perdamaian. Hal ini yang ingin dicapai untuk dunia yang lebih baik di tahun 2030.

Di Indonesia sendiri, SDGs telah menjadi tolak ukur pengembangan wilayah. Seperti yang dijelaskan Kepala Bappenas RI di New York dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri RI, bahwa Indonesia telah berhasil mengurangi kesenjangan melalui perkembangan ekonomi inklusif, perluasan lapangan pekerjaan, hingga peningkatan kualitas pendidikan.

Selain itu, implementasi SDGs akan diterapkan pula dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di tahun 2020-2024. Tidak hanya itu, Indonesia juga menyediakan 9 pusat kajian SDGs yang tersebar di universitas-universitas di Indonesia.

Kemlu RI di acara PBB di New York | Sumber: kemlu.go.id
info gambar

Namun tujuan ini akan tercapai jika mendapatkan dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk juga anak-anak.

Maka dari itu perlu ada upaya untuk memberikan pemahaman pada anak tentang SDGs. Seperti yang dituliskan dalam laporan baseline UNICEF yang bekerjasama dengan Bappenas RI, bahwa pembangunan berkelanjutan dimulai dari anak.

Hal ini yang dilakukan pula oleh AIESEC yang bekerja sama dengan UNICEF, yaitu menghadirkan World's Largest Lesson, kegiatan edukasi tentang SDGs untuk siswa-siswa di seluruh dunia.

Untuk di Indonesia sendiri, tahun ini dilakukan di Yogyakarta pada Jumat, 15 November 2019 kemarin. Menghadirkan 250 pemuda yang mengajarkan SDGs untuk 500 lebih siswa di tiga sekolah di Yogyakarta: SD Pangudi Luhur, SD Muhammadiyah Purwodiningrat, dan SMP Stella Duce 1.

Fokus World’s Largest Lesson tahun ini mengarah ke tiga Tujuan Pengembangan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) antara lain SDGs No. 1 tentang Tidak Ada Kemiskinan, SDGs No. 13 tentang Aksi Iklim, dan SDGs No. 16 tentang Perdamaian dan Keadilan.

Kegiatan World's Largest Session di Yogyakarta | Sumber: AIESEC Indonesia
info gambar

Bagaimana dengan kamu? Apa yang sudah kamu lakukan agar SDGs di Indonesia dapat tercapai?

Catatan kaki: UNICEF Indonesia | Kemlu RI | AIESEC Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini