Saran-saran Kalau Berlibur ke Pulau Macan

Saran-saran Kalau Berlibur ke Pulau Macan
info gambar utama

"The best getaway from Jakarta". Begitulah julukan dari sebagian pengunjung yang pernah mendatangi Pulau Macan.

Namanya memang tidak sebeken pulau-pulau di rantaian Kepulauan Seribu lainnya, semisal Pulau Tidung, Pari, ataupun Pulau Sepa. Tetapi Pulau Macan memberikan kecantikan tropis ke dalam suasana alami yang boleh kamu nikmati, tanpa perlu jauh-jauh dari rumah.

Pulau Macan tersebut sesungguhnya ada dua, ialah Pulau Macan Besar yang jadi resort, juga Pulau Macan Kecil yang dibiarkan tak tersentuh serta tanpa penghuni.

Wah, penasaran pasti ya! Tetapi tidak seperti seluruh tetangganya, Pulau Macan lebih sepi juga sedikit dikunjungi. Bukan lantaran pemandangannya kurang bagus, tetapi karena Pulau Macan emang merupakan pulau resort yang banyak pengunjungnya dibatasi.

Layaknya Pulau Bidadari, kamu yang hendak datang ke Pulau Macan wajib melaksanakan pemesanan di awal, 2-3 hari sebelum hari-H.

Pulau Macan & Eco Resort ialah resort cukup mewah juga mengusung misi penangkaran lingkungan. Cocok misinya, resort ini bersuasana alami juga konsep eco-friendly-nya ditunjang teknologi modern.

Semacam mayoritas bangunan resort didirikan dengan material alami, begitu pula dengan furniturnya yang dibikin dari limbah kayu. Listriknya kebanyakan asalnya dari solar panel membuat menghemat pemakaian solar buat genset.

Mereka pula menampung air hujan, disaring, yang lalu digunakan buat berbagai kebutuhan. Menu makan yang disajikan di sini organik juga bebas racun hama. Sayur dan buah ditanam sendiri oleh orang-orang resort.

Menurut sebagian tamu, makanannya relatif sederhana, tetapi sangat lezat juga bahannya-pun segar.

“Makanannya luar biasa… minimalis, masakan rumahan, semisal yang dibikin ibu. Kemudian setiap orang begitu ramah dan helpful,” tulis Ayswarya M. lewat akun TripAdvisor.

Meski masakannya sekadar nasi goreng maupun semur tahu, rasanya memang sangat nikmat membuatnya beberapa pengunjung sempat mau “menculik” head chef.

Rupanya head chef yang masakannya sudah menggoyang lidah banyak sekali orang itu yakni seorang ibu tua sederhana yang friendly.

Beliau merupakan pengasuh pemilik resort sejak kecil, begitu tinggal di Indonesia juga di luar negeri. Tidak heran masakannya ialah perpaduan antar citarasa Nusantara dan internasional yang akrab di lidah.

Akomodasi alami di Pulau Macan

Resort Pulau Macan pula menyediakan beraneka tipe akomodasi, yang cukup terjangkau yakni Island Tent.

Meski disebut “tenda” tetapi tenda yang satu ini nyaman memakai matras, bantal, juga lilin tuk mengusir nyamuk. Tenda itu bisa pas buat tiga orang.

Tidak cuma tenda, tersedia penginapan kabin semisal Eco Cabin maupun Tropical Forest & Bamboo Cabin. Namun pilihan akomodasi cukup populer yakni Sunset Hut.

Pondokan itu relatif luas serta bisa ditempati empat orang. Disediakan satu double bed juga dua single bed. Sunset Hut pula memiliki en-suite bathroom yang ciamik dan memiliki suasana alami.

Selai itu, Sunset Hut juga punya dek pribadi dari akses langsung menuju ke lautan. Istimewanya yakni, Sunset Hut menjorok ke Barat, membuat kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset yang bagus pada saat sore.

Dari dek pribadi terdapat di Sunset Hut, kamu pasti terpesona menatap matahari merah yang secara perlahan menanggalkan langit senja.

Tidak cuma pondokan-pondokan guna menginap, Pulau Macan punya beraneka fasilitas semisal Club House. Di sana kamu bisa merasakan hidangan yang disuguhi prasmanan, beristirahat, nonton DVD maupun membaca.

Ada pula Bamboo Bar & Sundeck, area favorit buat mengobrol juga berjemur di bawah sinar matahari. Ada pula toko oleh-oleh dan snack yang menawarkan perlengkapan snorkeling.

Ya, snorkeling juga scuba diving tentu menjadi aktivitas yang mesti kamu jajal dong! Jangan takut, lantaran peralatannya telah disediakan oleh resort.

Maka kalau tidak bisa jauh-jauh, kamu pula bisa menikmati terumbu-terumbu karang cantik di sana. Apalagi Pulau Macan dekat Jakarta serta aksesnya relatif mudah.

Tidak cuma snorkeling, kamu bisa island hopping juga lho! Orang-orang resort akan mengatur perjalanannya dengan perahu, menjangkau pulau-pulau tetangga berikut Pulau Botak juga Macan Kecil. Kayaking pula menjadi rutinitas seru yang boleh kamu coba bersama-sama kawan.

Lantas, berapa bujet yang dibutuhkan guna menghabiskan waktu liburan di Pulau Macan?

Untuk dewasa Rp1,6 juta per orang, dua hari satu malan di Island Tent. Buat Sunset Hut, akomodasi paling mahal, kamu wajib merogoh kocek lebih dalam, kurang lebih Rp2,6 juta per orang di Sabtu/Minggu.

Lalu untuk bayi yang umurnya di bawah tiga tahun boleh menginap gratis. Apabila ingin kian murah, kamu boleh ambil “one day trip” tanpa check-in.

Referensi: pulauseributraveling.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini