Sudah Pernahkah ke Pantai Nglambor?

Sudah Pernahkah ke Pantai Nglambor?
info gambar utama

Kamu pasti sudah tahu bila Kabupaten Gunung Kidul punya banyak sekali pantai cantik nan eksotis sebagai objek favorit seluruh pelancong di Yogyakarta.

Bilang saja pantai Kukup, Ngobaran, Ngrenehan, Sadranan, Indrayanti, maupun Siung.

Setiap pantai ini mengandung pesona juga keunikannya sendiri. Namun kamu tahu tidak, ada suatu pantai "baru" yang pun siap sebagai unggulan utama di Gunung Kidul.

Pemandangannya yang bagus bagaikan sekelumit surga yang dipamerkan di dunia. Yap, tersebutlah Pantai Perawan Nglambor.

Pantai Nglambor yang kian menjadi topik hangat di media sosial itu memang sungguh-sungguh indah. Air biru bening yang kontras kepada pasir putih dipercantik pada berbukit karang besar jadi aksen.

Ditambahkan lagi, pantai itu masih sepi, dengan demikian lingkungan sekitarnya juga masih alami. Akan tetapi bukan semata-mata hanya pemandangan cantik yang diberikan pantai Nglambor.

Pantai itu terdapat pemandangan bawah air yang ciamik, sampai menjadi area ideal untuk snorkeling juga menyelam.

Kegiatan menyelam, berenang, atau snorkeling di Pantai Nglambor

Ombak pada pantai ini emang tidak begitu besar, lantaran pantai diapit dua berbukit karang besar. Topografinya menciptakan Pantai Nglambor terbilang aman jadi lokasi berenang juga menyelam.

Waktu teramat aman untuk menyelam ataupun snorkeling yakni begitu ketinggian air laut ke dalam kondisi sedang, lantaran begitu pasang, ombaknya relatif tinggi pun kuat. Tetapi kala air surut sampai dengan terlalu rendah, sudah pasti takkan bisa snorkeling.

Apabila kamu hendak menyelam maupun snorkeling tetapi tidak bawa peralatan, tak usah khawatir lantaran sudah tersedia toko yang merentalkan alat selam.

Ongkos sewa alat tiap orang hingga satu jam Rp50 ribu. Harga begitu berikut jasa foto bawah air dengan total tiga frame. Nah, jelang menyelam maupun snorkeling, ada baiknya kamu konsultasi dahulu dengan owner toko alat-alat selam disana dengan tujuan untuk tetap aman.

Lalu seperti apa panorama bawah airnya? Terumbu-terumbu karang pantai Nglambor beragam. Sekian jenis ikan yang ada punya warna indah juga bentuk unik, seperti misalnya ikan trigger, blue devil, moorish idol, dan lain sebagainya.

Koralnya pula berwarna-warni juga bentuknya macam-macam. Semuanya berpadu membuahkan warna-warni yang eksotis.

Ada suatu pengalaman bagus yang berkesempatan kamu nikmati di sini. Apabila seringnya kamu snorkeling di laut damai, laut Ngobaran makin fluktuatif membuat ketika tengah asyik memandangi terumbu karang, kamu mungkin terkejut dengan lawatan gelombang air laut menggoyang badan. Asyik bukan?

Tips untuk pergi ke Pantai Nglambor

Pantai Nglambor berlokasi di Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Gunung Kidul, lokasinya kira-kira 75 kilometer dari tengah Kota Yogyakarta. Tur dari Yogyakarta naik kendaraan pribadi perlu waktu kira-kira dua jam.

Pantai itu merupakan yang terletak di ‘ujung’ Gunung Kidul, tidak terlalu jauh dengan pantai Jogan ataupun pantai Siung yang tengah populer terlebih dulu. Untuk menuju sini, kamu bisa bersandingan jalur kearah Pantai Siung.

Medannya memang sulit, jadi sebaiknya mengajak orang yang pernah menuju ke lokasi, maupun sewa mobil beserta supir berpengalaman.

Untuk sampai Pantai Nglambor, kamu perlu melintasi pos retribusi Pantai Siung. Pada saat di pos itu, kamu bakalan diminta membayar tiket seharga Rp5 ribu.

Sesudah melintasi pos Pantai Siung, bakalan ada petunjuk arah menuju ke pantai Nglambor. Jalur masuk pantai itu tengah berupa jalan bebatuan yang menurun dan tidak begitu lebar, sehingga musti hati-hati ya.

Hati-hati lantaran terkadang ada banyak sekali kera ‘mengadang’ sampai beberapa meter menuju lokasi.

Sumber: travelwisataindonesia.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini