PT INKA, Produsen Kereta Api Indonesia Hingga Mancanegara

PT INKA, Produsen Kereta Api Indonesia Hingga Mancanegara

Halaman depan PT INKA Madiun © www.inka.co.id

Apakah Kawan GNFI pernah naik kereta api?

Bukan rahasia lagi, kini moda transportasi darat kereta api semakin diminati oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan pengguna kereta api dapat menempuh perjalanan jauh tanpa takut terlambat karena hampir seluruh perjalanan kereta api sesuai dengan jadwal. Namun, pernahkah Kawan GNFI mencari tahu di mana gerbong-gerbong kereta api tersebut dibuat?

Mari kita sejenak berpindah ke Madiun, Jawa Timur. Beralamatkan di Jalan Yos Sudarso 71, Madiun berdiri sebuah prabrik kereta api yang bernama INKA. PT INKA (Persero) atau kepanjangan dari Industri Kereta Api adalah salah satu Badan Usaha Milik Nergara (BUMN) yang telah berdiri sejak 18 Mei 1981. Mulanya, pabrik kereta tersebut merupakan pengembangan dari Balai Yasa Lokomotif Uap Madiun yang dulu didirkan oleh Staatsspoorwegen pada tahun 1882. Namun, seiring perkembangan jaman, lokomotif uap kini sudah tidak digunakan lagi, maka bangunan Balai Yasa tersebut digunakan menjadi pabrik kereta api yang kita kenal dengan nama PT INKA (Persero).

Pabrik Kereta Api PT INKA (Persero) | Foto : Jatimnet.com

PT INKA (Persero) memproduksi Kereta Penumpang, Gerbong Barang, KRL, KRD/KRDE, Lokomotif dan produk lainnya yang berkaitan dengan perkereta apian dengan kualitas tinggi. Selain itu, PT INKA (Persero) juga memproduksi produk non-kereta api yakni bus gandeng. Oleh sebab itu, PT INKA (Persero) menjadi perusahaan manufaktur sarana perkereta apian pertama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Guna mengembangkan produk-produk untuk menjangkau pasar global, PT INKA (Persero) melakukan joint venture dengan General Electric dalam memproduksi lokomotif guna kebutuhan dalam negeri dan kebutuhan ekspor. Kini di tahun 2019 PT INKA (Persero) bekerja sama dengan PT Len Industri dan PT Wijaya Karya serta PT Kereta Api Indonesia guna mengembangkan dan melakukan perluasan pasar perkereta apian global di kawasan Asia Pasifik khususnya di negara-negara Afrika. Selain itu, PT INKA (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia melakukan kerjasama dengan penghasil kereta api asal Swiss yakni Stadler Rail untuk melakukan joint venture dalam membangun pabrik kereta api di Banyuwangi, Jawa Timur.

PT INKA (Persero) tidak hanya memproduksi kereta api yang digunakan di dalam negeri, namun juga produk dari PT INKA (Persero) sudah meraih pasar global. Beberapa negara tujuan ekspor kereta produksi PT INKA (Persero) adalah Malaysia, Filipina, Thailand, Australia hingga ke Bangladesh.

Sebagai identitasnya, PT INKA (Persero) memiliki logo yang sarat akan makna. Berikut adalah makna dari logo atau lambang milik PT INKA (Persero) yang dilansir pada laman resmi inka.co.id :

Logo PT INKA (Persero) | Foto : Kompaskerja.com
  • Karakter kokoh dan kuat digambarkan dengan pemakaian garis tebal yang memebentuk gerak dan lingkaranyang menyatu utuh. Bentuk ini mnginterpretasikan perusahaan yang tangguh dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis.
  • Karakter dinamis dalam menjalankan aktifitas diwakilkan dengan panah yang bergerak melingkar dua arah dengan tujuan tanpa batas. Bentuk ini menggambarkan pencapaian pengembangan bisnis secara terus menerus serta tujuan yang tumbuh dan berkembang.
  • Karakter industri kereta api digambarkan dengan elemen dua kepingan serta garis lingkaran putih yang terdapat pada lingkaran panah yang membentuk gerakan dua arah dengan kepingan serta garis lingkaran putih sebagai porosnya. Hal tersebut merupakan gambaran dari gerak roda industri kereta api yang terus menerus.
  • Karakter terbuka digambarkan dengan penambahan kata “INKA” yang memberikan kemudahan kepada semua orang dalam mengenali logo milik PT INKA (Persero).
  • Warna merah yang digunakan pada lambang PT INKA (Persero) merupakan perwakilan dari selalu mengedepankan profesionalisme, siap menghadapi tantangan, ulet dan penuh semangat dalam meriah tujuan perusahaan.
  • Warna hitam diartikan sebagai perusahaan yang kokoh, teguh, mengedepankan mutu dan tepat waktu dalam menghasilkan produknya.
  • Warna dasar putih merupakan makna dari profesionalisme yang berdasarkan iman dan taqwa, menjunjung tinggi integritas dan kejujuran, memiliki daya saing berkelanjutan serta menghasilkan nilai tambah pada lingkungan.

Pemilihan warna yang digunakan pada logo PT INKA (Persero) merupakan perwakilan dari Tri Prasetya INKA yaitu integritas, mutu dan profesional.

Nah, informasi-informasi di atas merupakan sedikit gambaran mengenai produsen kereta api terbesar di Indonesia yang produk-produknya tidak hanya guna memenuhi kebutuhan lokal dan kebutuhan pasar global.


Catatan kaki: Wikipedia | INKA | BUMN

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau25%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Evan Dimas Selalu Cetak Gol di 3 Edisi SEA Games Sebelummnya

Evan Dimas Selalu Cetak Gol di 3 Edisi SEA Games

Potensi Ekonomi Baru dari Kota Batu Selanjutnya

Potensi Ekonomi Baru dari Kota Batu

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Salam. Panggil saja Widi.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.