7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikan Kota Tomohon

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikan Kota Tomohon
info gambar utama

Kota Tomohon berada di provinsi Sulawesi Utara yang sebelumnya merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Minahasa. Melalui Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2003, Tomohon resmi menjadi sebuah kota pada tanggal 4 Agustus 2003. Tomohon memiliki suatu keunikkan yakni ‘Serba 7’. Keunikan yang dimiliki Tomohon adalah 7 gunung yang mengelilingi Kota Tomohon, 7 air terjun yang ada di Kota Tomohon dan 7 danau yang ada di Kota Tomohon.

Berikut di bawah ini adalah penampakan dari 7 gunung yang merupakan bagian dari 7 keunikan yang menjadi daya tarik Kota Tomohon.

Gunung Lokon

Gunung Lokon | Foto: Wikipedia
info gambar

Gunung Lokon merupakan sebuah gunung yang berada di dekat Kota Tomohon dengan ketinggian 1.580 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berlokasi sekitar 5.300 meter di sebelah barat laut dari Kota Tomohon. Gunung Lokon merupakan salah satu gunung aktif di Sulawesi Utara, tercatat beberapa kali Gunung Lokon meletus yakni pada tahun 1951, 1991, 2001 dan 2011.

Gunung Empung

Gunung Empung | Foto: Travelingyuk
info gambar

Gunug Empung dan Gunung Lokon disebut sebagai gunung berapi kempar dengan jarak sekitar 2.200 meter yang ada di Sulawesi Utara. Sama halnya dengan Gunung Lokon, Gunung Empung juga merupakan gunung berapi yang masih aktif di Sulawesi Utara. Gunung Empung memiliki ketinggian 1.340 meter di atas permukaan laut dengan diameter sekitar 400 meter.

Gunung Tatawiran

Gunung Tatawiran merupakan gunung yang berada di antara Gunung Lokon dan Gunung Empung yang memiliki sebuah kawah aktif hingga kini yang dinamakan dengan Kawah Tompaluan.

Gunung Kasuratan

Gunung Kasuratan adalah gunung dengan ketinggian 1.059 meter di atas permukaan laut yang berada dekat dengan Gunung Tampusu. Gunung Kasuratan memiliki sebuah wilayan lumpur panas yang termasuk di dalam desa terdekat yakni Tondangow.

Gunung Mahawu

Gunung Mahawu | Foto: PegiPegi
info gambar

Gunung Mahawu merupakan salah satu gunung berapi stratovolcano yang berada di sebelah timur Gunung Lokon dan Gunung Empung. Gunung Mahawu memiliki ketinggian 1.311 meter di atas permukaan laut dengan lebar gunung sekitar 180 meter. Gunung Roemengas adalah nama lain dari Gunung Mahawu dari masyarakat Minahasa. Meskipun statusnya sebagai gunung berapi, namun Gunung Mahawu kini sudah tidak aktif.

Gunung Masarang

Gununug Masarang. | Foto : Wikipedia Commons
info gambar

Gunung Masarang merupakan salah satu gunung yang berada di wilayah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Tinggi Gunung Masarang sekitar 560 meter di atas permukaan laut. Gunung Masarang memiliki dua puncak, puncak yang pertama lebih dekat dengan Kota Tomohon.

Gunung Tampusu

Danau Tampusu yang berada di puncak Gunung Tampusu | Foto: Travelingyuk
info gambar

Gunung Tampusu berada di antara Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa. Puncak Gunung Tampusu terdapat sebuah danau yang disebut dengan Danau Tampusu. Ketinggian Gunung Tampusu adalah 1.186 meter di atas permukaan laut yang berada di sebelah selatan Tomohon.

Selain memiliki 7 gunung, Kota Tomohon juga memiliki 7 danau dan 7 air terjun. Selanjutnya, akan dibahas mengenai 7 danau dan 7 air terjun di Kota Tomohon.


Catatan kaki: wikipedia | tribunnews

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

WL
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini