Manfaat Temu Lawak Rempah Khas Nusantara

Manfaat Temu Lawak Rempah Khas Nusantara
info gambar utama

Dikenal sebagai negara agraris dengan mata pencaharian sebagian besar di bidang pertanian atau bercocok tanam, Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam termasuk beragamnya jenis rempah-rempah yang ada.

Tak bisa dimungkiri, pada zaman dahulu, salah satu alasan Indonesia dijajah oleh negara lain adalah karena kekayaan rempah-rempahnya yang mengandung banyak sekali manfaat.

Salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki khasiat ialah temu lawak.

Temu lawak rempah asli Indonesia dengan berbagai khasiat | Foto: honestdocs.id
info gambar

Memiliki nama latin curcuma xanthorrhiza, rempah khas Nusantara ini berasal dari Pulau Jawa dan tersebar di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Tiongkok, India, Jepang, Korea, serta beberapa negara di Eropa.

Tidak hanya tumbuh pada daerah Jawa saja, rempah ini juga tumbuh pada dataran di Pulau Maluku dan Kalimantan.

Temu lawak biasa tumbuh pada dataran rendah dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut dan hidup pada habitat hutan tropis, serta tanah yang gembur dengan tinggi sekitar satu hingga dua meter

Di Indonesia, rempah ini memiliki beberapa sebutan. Pada daerah Jawa tentu saja disebut temu lawak. Namun di daerah Sunda disebut koneng gede dan di Madura disebut sebagai temu labak.

Rempah yang menghasilkan rimpang atau umbi akar yang dijadikan obat ini memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan untuk tubuh maupun wajah, dengan kandungan utama rimpang ialah sebagai karbohidrat, protein, minyak atsiri, glukosida, dan kurkumin.

Seperti yang sudah Kawan GNFI ketahui, temu lawak dapat dengan mudah kita jumpai pada beberapa penjual jamu. Tapi selain diolah menjadi jamu atau obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan diambil patinya yang kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi.

Tidak sampai di situ, manfaat lain dari temu lawak yang juga mengandung senyawa bercaun ini dapat dijadikan sebagai obat pengusir nyamuk karena rempah ini menghasilkan minyak atsiri dengan mengandung linelool dan geraniol.

Rempah yang merupakan tanaman asli Indonesia ini memang kaya akan manfaat. Selain manfaat di atas, temu lawak bisa dijadikan sebagai bahan pangan, pewarna makanan, hingga bahan pembuatan kosmetik, serta baik untuk kesehatan.

Temu lawak yang diolah menjadi bubuk punya berbagai khasiat | Foto: doktersehat.com
info gambar

Lantas, apa saja manfaat temu lawak bagi kesehatan?

Atasi masalah sistem pencernaan

Menurut para ahli, temu lawak bermanfaat untuk mengatasi perut yang kembung, membantu melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan nafsu makan.

Hal tersebut dikarenakan temu lawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu yang tentunya dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Atasi Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan sebuah penyakit sendi yang menjadikan sendi terasa nyeri, sakit, dan kaku.

Dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukan bahwa efek yang diberikan temu lawak pada pasien dengan penyakit tersebut hampir sama seperti efek ibuprofen, yaitu sebuah obat penghilang rasa sakit.

Cegah kanker

Dengan mengonsumsi temu lawak sebagai obat, dapat membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

Para peniliti dari University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa bahan herbal dinilai dapat membantu menghentikan pertumbuhan kanker karena zat antioksidan yang terkandung dalam temu lawak.

Obat jerawat

Tidak hanya untuk tubuh, temu lawak juga bermanfaat untuk wajah khususnya sebagai obat jerawat. Hal tersebut dikarenakan temu lawak memiliki sifat astringent, yang bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Tidak hanya itu, kandungan antiseptik dalam temu lawak juga dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Obat antiradang

Dengan mengonsumsi temu lawak, segala penyakit peradangan dapat teratasi karena rempah tersebut mengandung senyawa antiradang yang dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang bisa memicu peradangan.

Jaga kesahatan hati

Dikutip dari Scientific Research Journal, temu lawak terbukti dapat melindungi hati dari hepatotoksin, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen yang merupakan bahan kimia dengan memberikan efek buruk pada hati.

Itulah beberapa manfaat dari temu lawak yang dapat dikonsumsi sebagai obat alami bagi kesehatan. Meskipun memiliki rasa yang pahit, namun temu lawak tetap menjadi favorit para pecinta jamu.

Referensi: wikipedia | hellosehat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dessy Astuti lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dessy Astuti. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini