Mi Gomak, Spagetinya Orang Batak

Mi Gomak, Spagetinya Orang Batak
info gambar utama

Penikmat suara rintik hujan coba angkat tangan, belakangan ini hujan sudah mulai sering ya menampakkan dirinya di hadapan seduhan kopi dan roti bakar beroleskan mentega hangat. Atau, hujan juga bisa dinikmati suasananya dengan sentuhan ritmis teh manis hangat dengan mi rebus rasa soto?

Sedap pastinya. Walaupun sederhana namun, hujan selalu berhasil menghasilkan sesuatu yang lebih bermakna.

Bicara soal makanan sedap nan mantab, kita jalan-jalan ke Tanah Batak yuk?

Ada apa sih emang? Kan kalau mau mi rebus di mana aja juga bisa ngapain harus jauh-jauh? Tapi tunggu dulu, memang jauh namun tidak akan mengecewakan.

Tanah Batak punya makanan super nikmat nih, harum rempah, dan pedas yang membuat lidah panas sungguh sangat menyesal jika tidak kita cicipi.

Mi Gomak! Iya mi yang memiliki tekstur hampir sama dengan Spaghetti (KBBI: Spageti) Italia ini berasal dari Tanah Batak, wilayah yang meliputi meliputi semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di Sibolga dan Tapanuli.

Asalnya bernama gomak karena memang cara penyajiannya digomak-gomak (digenggam pakai tangan). Tapi tenang aja makannya tetap pakai piring kok. Mie diaduk langsung dengan tangan dan biasanya dimasak di tungku.

Sudah jelas tujuannya, yaitu untuk menjaga si rempah andalan dalam masakan tradisional ini.

Mi Gomak | Foto: tourtoba.com
info gambar

Andaliman, mericanya Orang Batak. Rempah khas Medan ini berbentuk seperti lada mungil berwarna hijau dengan rasa pedas dan asam. Andaliman pulalah yang menyumbang rasa spesial dan tak akan ditemui di tempat lain.

Mi yang kenyal-kenyal gurih dengan sentuhan pedas dan asam yang pas. Ada banyak sekali menu olahan mi gomak seperti mi gomak kuah, mi gomak goreng sampai mi gomak bumbu kacang. Sekilas terlihat mirip dengan mi Aceh, kuliner ini sejatinya memiliki perbedaan pada ukuran yang lebih besar dan padat.

Kini mi gomak dapat didapatkan di warung pinggir jalan sepanjang Siantar, Parapat, Balige, Labuhan Batu, Sibolga sampai Tapanuli. Harga yang sangat merakyat bisa dengan sedap membuat kita semua kenyang sekaligus puas!


Referensi: id.wikipedia.org

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini