Varian Nasi Olahan Indonesia (Bagian 1)

Varian Nasi Olahan Indonesia (Bagian 1)

Nasi Ulam © medium.com

Siapa yang masih belum bisa masak nasi sendiri di sini? Hehe, memang terlihat mudah ya kalau kita mendengar olahan makanan dari nasi. Namun, sudah sejak dari lama nih orang-orang Indonesia memiliki cita rasa lebih untuk mengolah sebuah nasi.

Apa aja sih olahan tersebut, daripada sudah lapar kita simak saja yuk beberapa informasi berikut!

Nasi Uduk

Foto: Masakapahariini.com

Siapa yang tidak tahu dengan nasi ini? Nasi yang menjadi teman baik di kala pagi hari dan tanggal tua. Nasi uduk adalah sebuah olahan nasi yang diperuntukan sebagai pengisi makanan dalam acara-acara besar bagi warga Betawi.

Nasi ini dimasak bersama santan kelapa dan bumbu tambahan seperti daun salam, sereh, dan penyedap lainnya.

Butuh keahlian dan kesabaran juga nih dalam membuat nasi uduk. Tapi, karena sekarang sudah dapat ditemui di mana-mana kita bisa dengan mudah untuk mencicipi nasi ini.

Harga yang ditawarkan juga sangat merakyat, hanya dengan Rp. 5.000,00 kita sudah bisa makan nasi uduk lengkap dengan krupuk dan tempe orek. Hmm sedap dan murah meriah!

Nasi Ulam

Foto: Reseptina.com

Sepertinya sudah tidak asing ya di telinga, tapi apa sih nasi ulam itu? Nasi ulam sebenarnya tidak begitu berbeda dengan nasi uduk. Namun yang menjadi pembedanya adalah wangi daun kemangi menambah aroma dan selera makan.

Tak hanya itu, nasi ulam juga biasanya disajikan bersamaan dengan lauk pauk lainnya sehingga cita rasa semakin menggugah selera makan kita.

Untuk sekarang ini, penjual nasi ulam juga mudah kita temui. Harganya juga tidak mahal, atau kalau kalian berminat kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahannya juga sederhana, seperti daun salam, sereh, jahe, dan lengkuas. Jangan lupa ditambahkan kelapa sangrai, untuk pelengkap bisa dengan dendeng sapi, telur dadar, dan pastinya sambal terasi.

Nasi Goreng

Foto: Denpasar.go.id

Wah kalau yang ini sih sudah sangat populer ya? Bagaimana tidak, jika setiap beberapa meter di jalanan saja kita sudah pasti bisa menemui abang tukang nasi goreng.

Olahan yang satu ini sudah menjadi idaman dan paling dicari karena pas di lidah dan mudah dimasak. Bahan-bahannya juga sangat mudah ditemukan, seperti, bawang merah, bawang putih, kecap manis, garam, dan bumbu penyedap lainnya.

Bagaimana? Apakah kalian sudah pernah mencoba untuk memasak nasi goreng? Atau kalian belum pernah makan nasi goreng? Ayo cari abang tukang nasi goreng dekat rumah kalian, jangan sampai kehabisan hehe.

Nah, itu dia beberapa olahan nasi yang ada di Indonesia. Kalau kalian suka yang mana kira-kira? Kalau kalian masih mau tahu lebih banyak tentang macam olahan dari nasi, tunggu bagian keduanya ya!

Referensi: travel.kompas.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Satu Lagi Penghargaan Internasional untuk Nyayur.id Sebelummnya

Satu Lagi Penghargaan Internasional untuk Nyayur.id

Biar Anak Anda Sukses di Sekolah & di Kehidupan, Ini 3 Tipsnya Selanjutnya

Biar Anak Anda Sukses di Sekolah & di Kehidupan, Ini 3 Tipsnya

Raka Nugraha
@rakanugraha

Raka Nugraha

I'm curios about everything, and i'm support the indonesian good news!

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.