Warna Hijau Alami dari Pandan Wangi dan Suji

Warna Hijau Alami dari Pandan Wangi dan Suji
info gambar utama

Melihat makanan yang berwarna mencolok tentunya semakin menggugah selera makan, terlebih ketika memang perut sedang kosong. Makanan yang disajikan dengna warna yang beragam tentunya menggunakan pewarna makanan yang dapat dikonsumsi. Tentunya Kawan GNFI sudah tahu bahwa warna makanan dapat dibuat dari bahan alami seperti warna biru yang dihasilkan dari bunga telang. Selain itu, ada pula warna hijau yang ternyata dapat dihasilkan dari daun pandan. Kira-kira seperti apa cara menghasilkan warna hijau dari daun pandan?

Daun Pandan Wangi | Foto : Bukalapak
info gambar

Pandan merupakan tanaman yang sebagian besar tumbuh di daerah tropika seperti Afrika Timur, Asia Tenggara, Australia hingga kepulauan Pasifik. yang memiliki ciri daun yang memanjang. Pandan dapat tumbuh mulai dari 50 cm bahkan di dataran Papua terdapat pandan yang tingginya 15 meter di mana daunnya selalu berwarna hijau atau disebut juga dengan warna hijau abadi (evergreen). Salah satu jenis pandan yang banyak di tanam dan digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah pandan wangi yang mana pandan tersebut memiliki harum dan aroma yang khas sehingga kerap kali menjadi bagian dari bahan makanan.

Selain menjadi bagian dari bahan makanan untuk menambah aroma dan wangi khas pandan, daun pandan wangi juga dapat digunakan sebagai pewarna alami yang dapat menghasilkan warna hijau. Warna hijau yang dihasilkan adalah berasal dari zat klorofil atau zat hijau daun yang sangat banyak dimiliki oleh daun pandan wangi. Cara menghasilkan warna hijau dari daun pandan tergolong sangat mudah, yakni Kawan GNFI harus menyiapkan daun pandan yang sudah dibersihkan kemudin potong-potong seukuran 2 cm. Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan blender. Daun pandan yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke dalam blender beserta air secukupnya. Nyalakan blender hingga potongan daun pandan hancur dan menjadi jus daun pandan. Setelah dirasa cukup halus, saring jus pandan tersebut sehingga air daun pandan dan ampasnya dapat terpisah.

Air yang telah dipisahkan dari ampas daun pandan wangi ataupun daun suji | Foto : kumparan
info gambar

Air daun pandan yang sudah terpisah dari ampas daun pandan lah yang dapat digunakan sebagai pewarna alami. Warna hijau air daun pandan dapat dimasukkan ke dalam botol dan disimpan di lemari pendingin. Air daun pandan tersebut nantinya dapat digunakan sebagai pewarna di beragam makanan seperti warna hijau pada kue, membuat nasi menjadi berwarna hijau hingga dicampur ke dalam agar-agar. Nah, selain daun pandan wangi, warna hijau juga dapat dihasilkan dari ekstrak daun suji. Bentuk daun suji mirip dengan daun pandan, hanya saja warna hijau yang dihasilkan dari daun suji terbilang lebih pekat. Cara yang digunakan untuk mendapatkan warna hijau dari daun suji pun terbilang sama dengan cara yang digunakan pada daun pandan, sehingga kini, Kawan GNFI memiliki dua pilihan bahan yang dapat digunakan untuk menghasilkan warna hijau alami.

Bagaimana? Apakah Kawan GNFI tertarik untuk membuatnya?

Catatan kaki: fimela | IDN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini