Ragam Bubur Khas Indonesia (Bagian 1)

Ragam Bubur Khas Indonesia (Bagian 1)
info gambar utama

Teksturnya yang lembut membuat bubur menjadi salah satu makanan yang banyak disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Menu bubur biasanya dihidangkan ketika pagi untuk sarapan atau biasanya diberikan kepada seseorang yang sedang sakit, karena teksturnya yang mudah dicerna.

Sebagai makanan yang memiliki banyak penggemar, bubur juga memiliki berbagai jenis. Kira-kira apa saja jenisnya? Yuk kita simak.

Bubur Ayam

Bubur ayam | Foto: endeus.tv
info gambar

Siapa sih yang nggak tahu bubur satu ini? Pasti sudah tahu semua. Bubur ayam adalah salah satu bubur yang paling terkenal di antara bubur lainya. Karena saking terkenalnya Kawan GNFI bahkan bisa menemukanya dengan mudah di pasar atau pinggir jalan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Walaupun dijajakan di kaki lima tapi rasa tetap bersaing lho!.

Bubur Kacang Ijo

Bubur kacang ijo | Foto: happyfresh.id
info gambar

Seperti namanya, bubur yang satu ini menggunakan bahan dasar kacang ijo. Sebelum memasaknya, kacang ijo harus direndam terlebih dahulu untuk memisahkan mana kacang ijo yang bagus dan tidak.

Selain kacang ijo bahan lainya ada santan, daun pandan, gula pasir, juga garam. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut menghasilkan rasa bubur yang gurih juga manis, dan ditambah dengan aroma dari daun pandan membuatnya semakin nikmat.

Bubur Sumsum

Bubur sumsum | Foto: travelingyuk.com
info gambar

Dibuat dengan bahan dasar dari tepung beras membuat bubur satu ini memiliki tekstur yang lembut. Ditambah dengan campuran kuah dari gula merah dan juga santan semakin membuat rasa dari bubur ini nikmat.

Salah satu bubur sumsum yang terkenal adalah bubur sumsum dari Madura. Apa Kawan GNFI sudah pernah mencoba bubur yang satu ini?

Bubur Merah Putih

Bubur merah putih | Foto: travelingyuk.com
info gambar

Bubur merah putih menggunakan beras sebagai bahan dasarnya. Beras tersebut dimasak sampai menjadi nasi dan kemudian dipadukan dengan gula merah juga parutan kelapa dan diaduk sampai menyatu.

Warna merah pada bubur ini didapatkan dari gula merah, sedangkan warna putih didapatkan dari penggunaan nasi sebagai hiasan yang diletakan dibagian tengah.

Bubur merah putih biasanya dihidangkan pada hari-hari khusus dengan tujuan penghormatan atau rasa syukur.

Bubur Manado

Bubur Manado | Foto: manadotrending.com
info gambar

Berbeda dengan bubur sebelumnya yang menggunakan tepung atau beras sebagai bahan dasarnya. Bubur Manado menggunakan beberapa bahan dasar yang agak berbeda yaitu beras atau nasi, labu kuning, singkong yang dipotong dadu, dan jagung manis.

Tidak lupa, bubur Manado juga menggunakan sayur seperti daun bayam, daun kangkung, dan kemangi yang membuat bubur Manado berbeda dari bubur-bubur lainya.

Kawan GNFI juga bisa menambahkan ikan asin goreng dan sambal roa sebagai pelengkap agar rasanya semakin nikmat.

Dari daftar bubur di atas kira-kira Kawan GNFI sudah pernah nyoba yang mana aja nih?.

Sumber: idntimes | happyfresh | travelingyuk | resepkoki

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini