Resep Hand Sanitizer Alkohol dan Daun Sirih ala Dosen Farmasi Unair

Resep Hand Sanitizer Alkohol dan Daun Sirih ala Dosen Farmasi Unair
info gambar utama

Virus Corona yang menjangkit dua warga Depok membuat masker dan hand sanitizer menjadi barang langka di pasaran. Kalau pun bisa dibeli secara online, harganya kerap melambung tinggi.

Menyadari keresahan masyarakat untuk mencari hand sanitizer, Ketua Departemen Farmasi Fakultas Farmasi Unair Dr. Retno Sari berbagi resep untuk membuat hand sanitizer.

Merangkum dari laman resmi Universitas Airlangga Unair News, di ruang kerjanya pada Rabu (4/3/2020), Retno Sari menjelaskan cara sederhana membuat hand sanitizer yang bisa dilakukan di rumah.

Untuk membuat hand sanitizer dibutuhkan bahan seperti alkohol, glycerol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan pelembab agar tangan tidak kering, dan aquadest.

"Komposisinya untuk alkohol sekitar 70 persen, glycerol 15 persen dan sisanya aquadest," katanya dalam laman Unair News, Kamis (3/5/2020).

Ia melanjutkan, "kalau dihitung kadar masing-masing, dibutuhkan alkohol 73 mililiter, glycerolnya 15 mililiter, dan aquadestnya 12 mililiter. Komposisi itu, akan menghasilkan hand sanitizer 100 mililiter."

Hand sanitizer alkohol

Berikut langkah-langkah membuat 100 ml hand sanitizer dari bahan Alkohol

Bahan-bahan

  1. Alkohol 73 mililiter.
  2. 2. Glycerolnya 15 mililiter.
  3. 3. Aquadestnya 12 mililiter.

Tahapan pembuatan:

  1. Karena glycerol sedikit kental harus diencerkan dulu dengan aquadest. Setelah sedikit encer, alkohol baru dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga semua bahan menyatu.
  2. Hasil dari campuran tersebut sudah bisa digunakan untuk hand sanitizer. Tidak hanya itu, agar mudah dibawa hand sanitizer bisa dimasukan dalam wadah spray.

"Jadi tinggal di semprot-semprot saja," ujar Retno.

Hand sanitizer daun sirih

Retno tak menampik jika bahan-bahan tadi bisa saja kosong. Pasalnya, masyarakat juga sudah mulai memborong alkohol sebagai pengganti hand sanitizer.

Meski demikian, Retno Sari menawarkan alternatif bahan lain yang bisa digunakan untuk hand sanitizer, yakni dengan rebusan ekstrak daun sirih.

"Kalau mau lebih mudah dan alami, masyarakat bisa menggunakan daun sirih untuk anti bakteri atau hand sanitizer," lanjut Retno.

Caranya, daun sirih terlebih dulu dipotong-potong kasar dan dimasukkan pada wadah. Kemudian, ambil panci yang di isi dengan air untuk didihkan.

Selanjutnya, letakkan wadah berisi daun sirih tersebut di atas air mendidik dan panaskan hingga 30 menit sampai keluar ekstrak daun sirihnya.

Sumber: kompas.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini