Resep Hand Sanitizer Alkohol dan Daun Sirih ala Dosen Farmasi Unair

Resep Hand Sanitizer Alkohol dan Daun Sirih ala Dosen Farmasi Unair

Hand Sanitizer (Ilutrasi) © Getty Images/Stockphoto/New York Post

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Virus Corona yang menjangkit dua warga Depok membuat masker dan hand sanitizer menjadi barang langka di pasaran. Kalau pun bisa dibeli secara online, harganya kerap melambung tinggi.

Menyadari keresahan masyarakat untuk mencari hand sanitizer, Ketua Departemen Farmasi Fakultas Farmasi Unair Dr. Retno Sari berbagi resep untuk membuat hand sanitizer.

Merangkum dari laman resmi Universitas Airlangga Unair News, di ruang kerjanya pada Rabu (4/3/2020), Retno Sari menjelaskan cara sederhana membuat hand sanitizer yang bisa dilakukan di rumah.

Untuk membuat hand sanitizer dibutuhkan bahan seperti alkohol, glycerol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan pelembab agar tangan tidak kering, dan aquadest.

"Komposisinya untuk alkohol sekitar 70 persen, glycerol 15 persen dan sisanya aquadest," katanya dalam laman Unair News, Kamis (3/5/2020).

Ia melanjutkan, "kalau dihitung kadar masing-masing, dibutuhkan alkohol 73 mililiter, glycerolnya 15 mililiter, dan aquadestnya 12 mililiter. Komposisi itu, akan menghasilkan hand sanitizer 100 mililiter."

Hand sanitizer alkohol

Berikut langkah-langkah membuat 100 ml hand sanitizer dari bahan Alkohol

Bahan-bahan

  1. Alkohol 73 mililiter.
  2. 2. Glycerolnya 15 mililiter.
  3. 3. Aquadestnya 12 mililiter.

Tahapan pembuatan:

  1. Karena glycerol sedikit kental harus diencerkan dulu dengan aquadest. Setelah sedikit encer, alkohol baru dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga semua bahan menyatu.
  2. Hasil dari campuran tersebut sudah bisa digunakan untuk hand sanitizer. Tidak hanya itu, agar mudah dibawa hand sanitizer bisa dimasukan dalam wadah spray.

"Jadi tinggal di semprot-semprot saja," ujar Retno.

Hand sanitizer daun sirih

Retno tak menampik jika bahan-bahan tadi bisa saja kosong. Pasalnya, masyarakat juga sudah mulai memborong alkohol sebagai pengganti hand sanitizer.

Meski demikian, Retno Sari menawarkan alternatif bahan lain yang bisa digunakan untuk hand sanitizer, yakni dengan rebusan ekstrak daun sirih.

"Kalau mau lebih mudah dan alami, masyarakat bisa menggunakan daun sirih untuk anti bakteri atau hand sanitizer," lanjut Retno.

Caranya, daun sirih terlebih dulu dipotong-potong kasar dan dimasukkan pada wadah. Kemudian, ambil panci yang di isi dengan air untuk didihkan.

Selanjutnya, letakkan wadah berisi daun sirih tersebut di atas air mendidik dan panaskan hingga 30 menit sampai keluar ekstrak daun sirihnya.

Sumber: kompas.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Simbol Kesabaran dalam Kain Asal Jawa 'Stagen' Sebelummnya

Simbol Kesabaran dalam Kain Asal Jawa 'Stagen'

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik Selanjutnya

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.