Konser Musik #DiRumahAja: Solidaritas Trio Lestari Lawan Corona

Konser Musik #DiRumahAja: Solidaritas Trio Lestari Lawan Corona
info gambar utama

Indonesia memang negeri yang sangat menjunjung tinggi solidaritas. Di saat kawan-kawan tenaga medis tengah berjibaku menangani pasien yang terjangkit virus Corona, masyarakat dari berbagai kalangan turut berpartisipasi dengan melakukan apa pun yang mereka bisa.

#DiRumahAja menjadi penanda gerakan masyarakat umum untuk mengurangi jumlah orang yang terjangkit virus tersebut. Tagar itu juga menggerakkan banyak figur publik untuk turut membantu melakukan apa pun yang mereka bisa. Misalnya, Trio Lestari, grup vokal yang terdiri dari Glenn Fredly, Tompi, dan Sandhy Sondoro, membuat konser amal bertajuk “Gelora Cinta”. Uniknya, konser ini dilaksanakan secara private live streaming atau online.

Melalui akun Instagram @triolestari, mereka mengatakan bahwa, “Saatnya bergerak #DiRumahAja, mari rapatkan barisan! Saat ini di lini terdepan, para tenaga kesehatan sedang berjuang melawan Corona. Kita bisa membantu lewat donasi yang akan kita galang lewat konser sederhana Gelora Cinta Trio Lestari yang bisa kamu nikmati #DiRumahAja.”

Di laman resmi Kitabisa.com mereka menggaungkan, dalam situasi pandemik yang penuh dengan pembatasan dan keterbatasan ini. Permasalahan yang muncul untuk memutus mata rantai penularan merupakan masalah yang kompleks. Bayangkan, bila seorang tenaga medis terpapar, kita kehilangan satu orang dengan kemampuan yang paling dibutuhkan saat ini. Kita juga tidak bisa hanya diam dan berpangku tangan saja bila ada seorang kepala keluarga yang harus menghidupi keluarganya terjangkit virus ini. Jika demikian, mata rantai penularan virus ini harus dihentikan.

Menurut trio ini, soliter adalah solidaritas. Konser ini adalah bentuk solidaritas yang lain. Berdasarkan keterangan di unggahan akun Instagram resmi mereka, sederet musikus tanah air akan bernyanyi. Berbagai platform menyediakan dukungan fasilitas. Sementara penonton--baik individu, perusahaan, dan organisasi lainnya--berkontribusi melalui donasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Organisasi kemanusiaan lainnya yang memiliki kemampuan lebih, bergerak membantu kelompok rentan.

Ada empat program yang akan dijalankan lewat donasi yang dihasilkan dari konser amal tersebut:

  1. #LawanCorona:

Donasi ini nantinya akan digunakan untuk mendukung program Darurat Bencana Non Alam Covid-19 PMI. Di antaranya akan disalurkan demi memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis di rumah sakit PMI, klinik PMI, dan unit donor darah PMI di beberapa wilayah Indonesia.

Selain itu dana akan disalurkan juga untuk mendanai kegiatan penyemprotan disinfektan, layanan ambulans, layanan pertolongan pertama/perawatan keluarga, layanan distribusi logistik, dan layanan psikososial.

  1. #BisaSteril

Karena virus Corona sangat mudah menyebar, hal itu mengakibatkan fasilitas publik seperti sekolah dan rumah ibadah sangat mungkin terinfeksi. Melalui program ini, Trio Lestari berupaya membantu sterilisasi ruang-ruang publik yang rentan terinfeksi. Targetnya, penyemprotan bisa dilakukan di 20 sekolah, 20 pesantren, dan 80 masjid di daerah-daerah yang dianggap sebagai episentrum persebarannya (Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta).

  1. #SalingJaga

Program ini bertujuan untuk memberi bantuan sembako bagi masyarakat rentan (miskin) dan pekerja informal yang kehilangan penghasilan selama pandemi CoronavirusDisease 2019 (Covid-19). Diinisiasi oleh Alissa Wahid dan Haidar Bagir, sasaran program ini adalah bantuan kepada 2.000 KK yang terdiri dari pengendara ojek online, pekerja harian, dan pedagang keliling untuk 10 kota di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

  1. #RantangHati

Tujuan program ini adalah membagikan makanan gratis kepada para pekerja di luar, sekaligus membuat warung makan tetap laku dan terhidupi. Hasil penggalangan dana akan dikoordinasikan oleh layanan warung makan digital Wahyoo lewat jejaring warung makannya. Makanan yang sudah disediakan, nantinya akan dibagikan kepada keluarga tidak mampu dan para pekerja yang kehilangan nafkahnya.

Sasaran wilayah program ini adalah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Targetnya akan didistribusikan bagi 500 KK selama 14 hari dalam bentuk per paket bantuan seharga Rp 50 ribu. Dalam paket tersebut akan berisi lauk untuk makan siang dan malam, serta nasi 2,5 porsi.

Tompi, salah satu personil Trio Lestari, dalam akun Instagram @dr_tompi, menulis, “Ini bukan perkara nominal, ini perkara solidaritas. Sedikit bantuan dari kita, bisa menjadi besar untuk semua.”

Meskipun belum ada tanggal dan jam pasti yang diumumkan untuk menyelenggarakan konser amal tersebut, masyarakat sudah berbondong-bondong mengirimkan donasinya. Per Selasa (24/3) sudah terkumpul donasi Rp 235.839.965 dari target Rp1 miliar.

Nah, bagi Kawan GNFI yang ingin berkontribusi dalam kegiatan amal tersebut. Kawan-kawan bisa memberikan donasi melalui https://kitabisa.com/campaign/konserdirumahaja. Kemudian untuk mengetahui jadwal konsernya, Kawan GNFI bisa memantau akun sosial media @triolestari, @dr_tompi, @glennfredly309, @sandhysondoro_official.

Ayo berkontribusi dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini. Meskipun sedikit, kontribusi kawan-kawan bermakna besar.

Sumber: Kitabisa.com | @triolestari | @dr_tompi | @glennfredly309 | @sandhysondoro_official

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini