Inilah Jenis Rompi Safety Berdasarkan Performanya

Inilah Jenis Rompi Safety Berdasarkan Performanya
info gambar utama

Keamanan dan keselamatan menjadi hal yang paling utama di berbagai situasi. Oleh sebab itu, dibuatlah beragam perangkat ataupun peralatan yang dapat membantu melindungi keamanan dan keselamatan diri, salah satunya adalah rompi safety atau rompi keselamatan atau safety vest.

Ada beberapa jenis rompi safety yang biasa digunakan oleh para petugas dan pekerja atau orang yang berkecimpung di bidang yang rawan terjadinya kecelakaan, tidak terkecuali bagi para petugas medis.

Berikut ini adalah beberapa jenis rompi safety yang dikenal di Indonesia berdasarkan performanya.

Rompi Safety Performa Kelas 1

Foto : bacaterus.com
info gambar

Rompi jenis ini tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam ROW (Right-Of-Way) di bawah FHWA Worker Visibility Final Rule.

Hal tersebut dikarenakan pakaian atau rompi keselamatan jenis ini memiliki jumlah minimum material yang dibutuhkan untuk membedakan pemakainya dari lingkungan kerja, yang membuat rompi-rompi tersebut kurang terlihat.

Agar rompi tersebut memenuhi syarat sebagai rompi atau pakaian performa kelas 1, maka warna yang digunakan haruslah lime menyala, oranye menyala atau merah menyala.

Rompi Performa Kelas 2

Foto : bacaterus.com
info gambar

Jenis rompi yang kedua ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dari sebelumnya, karena memiliki tingkat visibilitas yang lebih baik atau lebih terlihat.

Rompi performa kelas 2 ini merupakan pakaian keselamatan minimum untuk para petugas lalu lintas atau mereka yang bekerja dan beraktivitas di siang hari, bekerja di jalan raya, sehingga rompi jenis ini menjadi penghalang fisik antara pekerja dan lalu lintas serta jalan raya berkecepatan rendah.

Contoh pekerjaan yang menggunakan rompi performa kelas 2 ini adalah orang yang memotong rumput atau semak-semak di jalanan, inspeksi hingga memasang rambu di jalan.

Rompi Performa Kelas 3

Foto : bacaterus.com
info gambar

Rompi performa kelas 3 memiliki spesifikasi lebih tinggi dari rompi performa kelas 2, karena penggunaannya yang dikenakan di lingkungan kerja yang kompleks sehingga dapat menimbulkan risiko tinggi bagi keselamatan pekerja.

Contoh aktivitas yang menggunakan performa kelas 3 yakni para pekerja di malam hari, mereka yang berkativitas dekat dengan lalu lintas jalan raya tanpa penghalang fisik atau secara langsung berada di aera yang sangat padat.

Rompi Keselamatan Publik

Foto : bacaterus.com
info gambar

Rompi jenis ini merupakan pakaian keselamatan berupa rompi yang dirancang untuk memberikan visibilitas atau dapat terlihat dalam situasi berbahaya dalam kondisi cahaya apapun baik di siang hari, di bawah lampu penerangan maupun dalam keadaan gelap.

Rompi jenis ini dapat dikenali dengan panel identifikasi warna yang berbeda untuk setiap petugas, yakni warna merah untuk petugas kebakaran, biru untuk penegak hukum dan hijau untuk layanan medis darurat yang kesemuanya bertugas di jalan raya.

Nah, beberapa di atas adalah penjelasan singkat mengenai beberapa rompi keselamatan yang seharusnya digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada dan dilengkapi dengan alat perlindungan diri lainnya seperti helm keselamatan, sarung tangan dan kaca mata. Di manapun Kawan GNFI berada, tetap utamakan keselamatan, ya.

Sumber :

https://bacaterus.com/arti-warna-rompi-safety/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

WL
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini