Inilah Jenis Rompi Keselamatan

Inilah Jenis Rompi Keselamatan

Para pekerja proyek Kemen PUPR © INTIFOCUS – Inti Berita Fokus Berita

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Keamanan dan keselamatan menjadi hal yang paling utama di berbagai situasi. Oleh sebab itu, dibuatlah beragam perangkat ataupun peralatan yang dapat membantu melindungi keamanan dan keselamatan diri, salah satunya adalah rompi. Ada beberapa jenis rompi keselamatan atau safety vest yang biasa digunakan oleh para petugas atau orang yang berkecimpung di bidang yang rawan terjadinya kecelakaan, tidak terkecuali bagi para petugas medis. Berikut ini adalah beberapa jenis rompi keselamatan yang dikenal di Indonesia yang dikutip dari bacaterus.com :

  1. Rompi Performa Kelas 1
Foto : bacaterus.com

Rompi jenis ini tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam ROW (Right-Of-Way) di bawah FHWA Worker Visibility Final Rule. Hal tersebut dikarenakan pakaian atau rompi keselamatan jenis ini memiliki jumlah minimum material yang dibutuhkan untuk membedakan pemakainya dari lingkungan kerja, yang membuat rompi-rompi tersebut kurang terlihat. Agar rompi tersebut memenuhi syarat sebagai rompi atau pakaian performa kelas 1, maka warna yang digunakan haruslah lime menyala, oranye menyala atau merah menyala.

  1. Rompi Performa Kelas 2
Foto : bacaterus.com

Jenis rompi yang kedua ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dari sebelumnya, karena memiliki tingkat visibilitas yang lebih baik atau lebih terlihat. Rompi performa kelas 2 ini merupakan pakaian keselamatan minimum untuk para petugas lalu lintas atau mereka yang bekerja dan beraktivitas di siang hari, bekerja di jalan raya, sehingga rompi jenis ini menjadi penghalang fisik antara pekerja dan lalu lintas serta jalan raya berkecepatan rendah. Contoh pekerjaan yang menggunakan rompi performa kelas 2 ini adalah orang yang memotong rumput atau semak-semak di jalanan, inspeksi hingga memasang rambu di jalan.

  1. Rompi Performa Kelas 3
Foto : bacaterus.com

Rompi performa kelas 3 memiliki spesifikasi lebih tinggi dari rompi performa kelas 2, karena penggunaannya yang dikenakan di lingkungan kerja yang kompleks sehingga dapat menimbulkan risiko tinggi bagi keselamatan pekerja. Contoh aktivitas yang menggunakan performa kelas 3 yakni para pekerja di malam hari, mereka yang berkativitas dekat dengan lalu lintas jalan raya tanpa penghalang fisik atau secara langsung berada di aera yang sangat padat.

  1. Rompi Keselamatan Publik
Foto : bacaterus.com

Rompi jenis ini merupakan pakaian keselamatan berupa rompi yang dirancang untuk memberikan visibilitas atau dapat terlihat dalam situasi berbahaya dalam kondisi cahaya apapun baik di siang hari, di bawah lampu penerangan maupun dalam keadaan gelap. Rompi jenis ini dapat dikenali dengan panel identifikasi warna yang berbeda untuk setiap petugas, yakni warna merah untuk petugas kebakaran, biru untuk penegak hukum dan hijau untuk layanan medis darurat yang kesemuanya bertugas di jalan raya.

Nah, beberapa di atas adalah penjelasan singkat mengenai beberapa rompi keselamatan yang seharusnya digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada dan dilengkapi dengan alat perlindungan diri lainnya seperti helm keselamatan, sarung tangan dan kaca mata. Di manapun Kawan GNFI berada, tetap utamakan keselamatan, ya.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Tanaman yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh Sebelummnya

Tanaman yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Program BEKUP 2020 Dibuka, Startup di Daerah Diharapkan Bisa Lahirkan Inovasi Baru Selanjutnya

Program BEKUP 2020 Dibuka, Startup di Daerah Diharapkan Bisa Lahirkan Inovasi Baru

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.