Sejarah Hari Ini (4 April 1932) - Charlie Chaplin Plesir ke Bali

Sejarah Hari Ini (4 April 1932) - Charlie Chaplin Plesir ke Bali
info gambar utama

"Orang Indonesia biasa menyebutnya zaman 'meleset' (zaman malaise/krisis dunia). Banyak orang kehilangan pekerjaan, perusahaan gulung tikar dan angka kejahatan meningkat. Tapi Chaplin yang pernah miskin di London pada pergantian abad ke-19 ke abad ke-20 itu justru berlibur," itulah ucapan Manajer Umum Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2018, Kadek Sri purnami, pada 2018 lalu mengenai kunjungan Charlie Chaplin ke Pulau Dewata.

Ya, aktor film komedi lawas Charles Spencer Chaplin, atau lebih dikenal dengan nama panggung Charlie Chaplin, memang pernah berkunjung ke Bali, tepatnya Singaraja, pada 4 April 1932.

Setelah menuntaskan tur Eropa untuk mempromosikan film City Lights (1931), Chaplin berkunjung ke beberapa tempat di Hindia Belanda--kini Indonesia--salah satunya Bali.

Chaplin tak sekadar liburan, ia juga membuat film dokumenter tentang kunjungannya ke Bali.

Film berjudul Chaplin in Bali garapan Raphael Millet menampilkan interaksi Chaplin dengan warga Bali baik itu dalam kegiatan seni dan budaya.

Tentu, Chaplin tidak sendirian ke Bali, karena ia ditemani kakaknya Sydney dan para kru film.

Chaplin turut mengajak seniman Jerman yang berjasa memodernisasi seni Jawa dan Bali, Walter Spies.

Selain Spies, Chaplin juga ditemani penulis asal Swedia, Annie Quensel.

"'Ikut saya dan kau tak akan menyesal'. Sulit menolak ajakannya. Jadi saya menemaninya ke Bali," cerita Quensel dikutip GNFI dari surat kabar Sunday Mail.

Chaplin tampaknya langsung jatuh cinta dengan Bali. Terbukti, ia menunda perjalanannya kembali ke Surabaya yang semula tanggal 10 menjadi tanggal 17 April.


Referensi: Sunday Mail | Nowbali.co.id | Chaplininbali.com | Charliechaplinarchive.org| Travelmaker.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DI
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini