UI, ITB, dan UGM Kembangkan Ventilator untuk Pasien Covid-19

UI, ITB, dan UGM Kembangkan Ventilator untuk Pasien Covid-19
info gambar utama

Penyebaran Covid-19 kini semakin luas dan jumlah pasien positif kian meningkat signifikan. Hal tersebut mengakibatkan kebutuhan akan Ventilator semakin meningkat, terlebih untuk Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat Corona.

Sejumlah Perguruan Tinggi Indonesia, diantaranya UI, ITB, dan UGM sedang mengembangkan pembuatan Ventilator untuk membantu pengobatan pasien positif Covid-19.

Ketua Tim Ventilator UI, Basari, menyatakan bahwa ada sekitar 70-an distributor ventilator yang dapat memasok 231 jenis/tipe Ventilator Impor untuk Indonesia. Namun, dengan kondisi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, terjadi keterbatasan stok ventilator impor tersebut.

"Sementara belum ada ventilator lokal produksi asli Indonesia yang dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri,” ujar Basari dikutip dari laporan Tempo.

Dengan kondisi ini, maka perlu dilakukan pengembangan Ventilator dalam waktu cepat, dengan material yang mudah di dapat, dan harga produksi yang terjangkau.

Dilansir oleh Tempo, Dekan FKUI, Ari Fahrial Syam, menyatakan bahwa, "Tim ini (Ventilator UI) fokus pada Ventilator Transport, karena beberapa hal; ketersediaan sparepart lokal lebih banyak, PDP dan pasien positif COVID-19 yang mengalami gagal napas, membutuhkan ventilator transport untuk perjalanan dari rumah ke rumah sakit, serta mode ventilasi yang dapat diatur.”

Selain UI, ITB juga turut mengembangkan Ventilator Portabel untuk pasien Covid-19. ITB berkolaborasi dengan YPM Salman ITB dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran mengembangkan ventilator yang dapat digunakan dengan mudah oleh tenaga medis.

Tim yang diketuai oleh Dr. Syarif Hidayat, Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), tersebut kini tengah mengembangkan purwarupa produk ventilator darurat yang diberi nama Vent-I (Ventilator Indonesia).

“Vent-I adalah alat bantu pernapasan bagi pasien yang masih dapat bernapas sendiri (jika pasien Covid-19 pada gejala klinis tahap 2), bukan diperuntukkan bagi pasien ICU,” ujar Jam’ah Halid selaku Manajer LPP Salman dikutip dari laman resmi ITB.

Tim dosen UGM merancang ventilator portabel untuk pasien Corona. Foto: Humas UGM
info gambar

Selanjutnya, Tim Dosen UGM juga sedang mengembangkan ventilator untuk pasien Covid-19 bekerja sama dengan Toyota dan industri lokal di Yogyakarta. Dalam pengembangannya tim ini menggandeng rekan sejawat dokter UGM dan Rumah Sakit Sarjito.

"Tim DTETI di bawah koordinasi Dr. Eka Firmansyah, dan DTMI di bawah koordinasi Dr. Adhika Widyaparaga melakukan riset terapan dan rapidprototypingventilator. Riset DTETI sampai tanggal 2 April telah mengasilkan prototypeventilator yang dapat diatur volume tidal, frekuensi aspirasi, dan rasio inhale/exhale. Sedang disiapkan sensor feedback dari pasien sehingga bisa otomatis menyesuaikan kondisi dan kebutuhan pasien," dikutip dari laman resmi UGM.

Untuk realisasainya Ventilator yang dikembangkan oleh kampus-kampus terbaik Indonesia ini memang akan lebih efektif dan cepat lagi jika dibarengi dengan pendampingan dari industri.

Khususnya dalam teknis pembuatan Ventilator untuk sekala besar dengan standar bahan baku dan proses produksi yang terstandarisasi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini