Unair Temukan 6 Whole Genome Baru Covid-19

Unair Temukan 6 Whole Genome Baru Covid-19

Ilustrasi penelitian vaksin © BBC World

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil menemukan enam whole genome yang diambil dari 21 sampel pasien positif Covid-19 pada bulan Maret dan April. Whole genome merupakan sidik jari yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi virus.

"UNAIR juga telah berhasil mendapatkan whole genome sequences dari enam jenis virus COVID-19 yang menginfeksi pasien Indonesia,” tutur Koordinator Produk Riset Covid-19 Universitas Airlangga Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih dikutip dari lansiran Liputan6.

Rektor Unair Surabaya Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak CMA menjelaskan bahwa penemuan enam whole genome itu akan segera di-upload dan dilakukan proses lebih lanjut.

"Jadi ini nanti kita segera upload di GISAID (organisasi penelitian dunia), karena ini menjadi temuan yg menurut saya sangat strategis. Karena temuan whole genome khas Indonesia ini akan dilakukan proses lebih lanjut," kata Nasih dikutip dari lansiran Detik.

Nasih menlanjutkan bahwa enam whole genome yang ditemukan Unair menunjukan pola yang mirip dengan yang ada di China dan Eropa.

"Pertama adalah berdasarkan waktunya untuk sampel yang diambil Bulan Maret itu dari 4 sampel, 3 tipe polanya itu mengikuti China. Sementara 2 sampel yang diambil bulan April itu tipe polanya mengikuti dan mirip tipe di Eropa," lanjutnya Detik.

Kampus Universitas Airlangga. Foto: Universitas Airlangga
Kampus Universitas Airlangga. Foto: Universitas Airlangga



Dalam laporan Jawa Pos, Ketua Lembaga Penyakit Tropis (LPT) Unair Prof dr Maria Lucia Inge Lusida SpMK memperjelas bahwa Intitute Tropical Disease (ITD) memiliki alat canggih next generation squencer yang dapat memetakan seluruh gen dari virus Covid-19. ”Dari 21 sampel yang diambil, hasilnya yang hampir komplet ada enam whole genome. Sekitar 96 persen,” katanya.

Prof Inge menambahkan, selanjutnya setelah enam varian whole genome mencapai 100 persen hasil analisa pihaknya akan deposit bersama dengan seluruh dunia. Dengan demikian pihaknya akan mampu menganalisa varian whole genome di Indonesia.

"Seberapa jauh atau seberapa dekat, dengan (tipe) yang mana. Untuk perkembangan lebih lanjut untuk vaksin atau diagnosis," pungkas Prof Inge dikutip dari lansiran Republika.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Rekam Kekejaman Westerling, Belanda-Indonesia Produksi Film De Oost Sebelummnya

Rekam Kekejaman Westerling, Belanda-Indonesia Produksi Film De Oost

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok Selanjutnya

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.