Gim DOC: Mengedukasi dan Berdonasi Lewat Gim

Gim DOC: Mengedukasi dan Berdonasi Lewat Gim

Antarmuka awal gim Dawn of Civilization © Solve Education!

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Bulan Mei memiliki berbagai hari peringatan penting, antara lain hari pendidikan nasional, hari kebangkitan nasional, dsb. Kegiatan tatap muka berupa diskusi edukatif, aksi luring yang mengumpulkan banyak massa, dan masih banyak lagi agenda serupa pun selalu mewarnai peringatan hari-hari tersebut.

Setidaknya itulah yang kita selalu rasakan sebelum adanya kondisi seperti saat ini, yakni masa pandemi Covid-19. Apalagi dengan diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah, pun juga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah di Indonesia, tentunya kegiatan-kegiatan luring semacam itu menjadi terhalang untuk dilaksanakan.

Tak ingin kehilangan momentum Hardiknas dan hari Kebangkitan Nasional di tengah pandemi Covid-19, sekumpulan Diaspora Muda Indonesia yang tergabung dalam Nusantara Innovation Forum (NIF), menggandeng lembaga-lembaga filantropi seperti “Solve Education!”, Yayasan Teknologi untuk Indonesia (TUI) dan Lion's Club Lestari Medan, juga Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jabar Saber Hoax, BKKBN, serta berbagai pihak untuk memperkenalkan sebuah gim berbasis Android dan Windows kepada masyarakat.

Gim bernama Dawn of Civilization: Solve Corona yang dapat diunduh melalui Google PlayStore maupun laman resminya www.solvecorona.org ini memiliki antarmuka yang unik. Bahkan, dari komentar yang disematkan oleh salah seorang pemain versi beta dari gim ini di laman rating dapat membayangkan bahwa Dawn of Civilization: Solve Corona merupakan perpaduan antara gim mini sejenis SIMS, permainan kartu, arcade, dan beberapa jenis gim lain.

Poster Gim Dawn of Civilization © Solve Education!

Selama bermain gim ini, pemain berkesempatan untuk mempelajari pengetahuan-pengetahuan dasar tentang Covid-19 secara interaktif, bagaimana mengenali berita hoaks, serta bagaimana berperan secara gotong royong membantu masyarakat dan tenaga medis melawan Covid-19 dari rumah.

Menurut informasi yang dilansir dari laman resminya, manfaat yang bisa didapatkan dari gim ini diantaranya:

  • Meningkatkan kesadaran melalui informasi tentang Covid-19 yang relevan dan tepercaya;
  • Mendorong terbentuknya perilaku seperti rajin menjaga kebersihan diri, dan cerdas menangkal hoaks;
  • Serta sebagai upaya berdonasi lewat perolehan bintang dari gim, pemain bisa berkompetisi dengan pemain lain sekaligus menyumbang untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

Uniknya, setiap 500 bintang yang dikumpulkan oleh pemain, akan dikonversi menjadi 1 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan, atau 1 set alat pelindung diri (APD) untuk seorang tenaga medis.

Semakin besar skor yang didapatkan, semakin banyak pula konversi donasi yang akan didistribusikan secara gotong royong dari para pemain gim dan juga berbagai elemen yang tergabung dalam pengembangan gim ini.

Seperti layaknya permainan pada umumnya, cara memulai gim ini cukup mudah. Setelah pemain berhasil mengunduh dan memasang aplikasi pada gawainya masing-masing, maka Dawn of Civilization: Solve Corona akan secara langsung bisa dimainkan.

Bahkan, gim ini dapat dimainkan tanpa koneksi internet, tentunya setelah terlebih dahulu mengunduh database secara otomatis pasca memulai. Untuk melakukan pembaruan skor demi keperluan donasi, maka pemain dapat mengaktifkan internetnya sesekali, dan pembaruan skor akan terkirim pada server.

Hingga artikel ini ditulis (23/05 15.00 WIB), telah ada 821 paket bantuan dari hasil konversi skor para pemain. Sejauh ini, pemain ber-ID AndreEkaSaputra (67019 bintang), Diva (59076 bintang), dan SpongeRobert (39322 bintang) telah berhasil menjadi pemain dengan skor tertinggi dan mengumpulkan masing-masing 134, 118, dan 78 paket bantuan.

Gim ini lahir dari sebuah kegiatan adaptasi yang menjadi fenomena sosial baru selama pandemi Covid-19 ini terjadi, yaitu segalanya from home. Tentunya siswa-siswi yang belajar dari rumah akan cepat merasa jenuh dan bosan tanpa kehadiran aktivitas luar ruangan lain seperti yang biasa mereka lakukan di lapangan sekolah ketika jam istirahat.

Bahkan di beberapa kasus, seringkali siswa maupun orang tua mereka mengeluh karena tidak memiliki cukup kuota untuk belajar secara daring. Oleh karena itu, di masa-masa PSBB, gim ini hadir untuk membantu siswa-siswi maupun masyarakat umum untuk belajar dengan cara yang menyenangkan.

Pemain secara tidak langsung diajarkan untuk memahami Covid-19 lewat kosakata bahasa Inggris maupun Indonesia sembari berada di rumah. Selain itu, tim pengembang Dawn of Civilization: Solve Corona menyiapkan reward berupa pulsa senilai Rp50.000,- untuk 5 pemain di setiap pekan.

Bagi pihak-pihak yang ingin berkontribusi untuk mengembangkan gim ini, silakan langsung menuju laman resminya atau mengikuti sosial media Instagram @dawnofcivilizationid. Dengan menggandeng berbagai pihak sponsor dan lembaga penyalur donasi di seluruh Indonesia, NIF dan Solve Education! akan semakin menguatkan kolaborasi untuk pengembangan gim ini. Demi kemanfaatan yang lebih luas dan jangkauan donasi kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan secara lebih masif lagi tentunya.*

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Makna Setiap Atribut Tradisi Tumbilotohe di Gorontalo Sebelummnya

Makna Setiap Atribut Tradisi Tumbilotohe di Gorontalo

Lebanon, Negara Ke-3 yang Mengakui Kemerdekaan Republik Indonesia Selanjutnya

Lebanon, Negara Ke-3 yang Mengakui Kemerdekaan Republik Indonesia

Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha
@herozh

Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha

https://hernandha.co.id/

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.