Deretan Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan

Deretan Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan
info gambar utama

Selamat hari lingkungan hidup sedunia! Beberapa hari lalu, tepat pada 5 Juni, kita memperingati sebagai hari lingkungan hidup sedunia. Tentunya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan.

Salah satunya adalah melalui gerakan sebagai aksi nyata. Hal ini juga dilakukan oleh para lima artis Indonesia di bawah ini sebagai bukti kepedulian mereka terhadap lingkungan.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

4 Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan Lewat Gerakan - Hamish Daud
info gambar

Kepeduliannya terhadap lingkungan dibuktikan dengan mendirikan Indonesia Ocean Pride, sebuah yayasan konservasi laut di Indonesia yang berusaha menghubungkan kembali masyarakat dengan laut.

Lewat Indonesia Ocean Pride, Hamish dan beberapa rekan yang turut mendirikan yayasan ini ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga laut serta ekosistem yang hidup di dalamnya. Hamish juga berharap semua kekayaan alam Indonesia, khususnya laut bisa dinikmati oleh anak cucu kita di masa mendatang.

Nadine Chandrawinata

4 Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan Lewat Gerakan - Nadine Chandrawinata
info gambar


Putri Indonesia 2005 ini juga dikenal aktif dalam mengkampanyekan pentingnya menjaga dan menyelamatkan bumi. Nadine juga membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan membentuk Sea Soldier, sebuah gerakan dan yayasan yang berfokus pada komitmen diri dan aksi nyata dalam menyebarkan virus ramah lingkungan.

Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan Nadine bersama Sea Soldier di antaranya adalah bersih-bersih sampah di Taman Suroboyo, bersih-bersih di Taman Nasional Bunaken hingga kampanye anti sedotan plastik.

Tulus

4 Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan Lewat Gerakan - Tulus
info gambar

Kian menurunnya populasi gajah di Indonesia menggerakan hati Tulus dengan menginisiasi sebuah gerakan, Teman Gajah. Gerakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pelestarian gajah melalui aksi memberikan sejumlah kalung pendeteksi lokasi gajah.

Kalung ini telah diberikan kepada beberapa gajah di Sumatera. Kepedulian Tulus terhadap lingkungan tidak berhenti sampai di situ, ia juga menjalani pola hidup mengurangi limbah plastik. Tulus juga turut mengkampanyekan kurangi sampah plastik ini melalui lagu yang ia ciptakan sendiri.

Nicholas Saputra

5 Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan Lewat Gerakan - Nicholas Saputra
info gambar

Sama seperti Tulus, aktor Nicholas Saputra juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan melalui aksinya dalam pelestarian populasi gajah. Lewat Instagramnya, Nico kerap membagikan kegiatannya dalam merawat gajah, salah satunya di wilayah konservasi gajah di Tangkahan, Sumatera Utara.

Nico juga membagikan cerita gajah dan manusia yang hidup saling berdampingan di Desa Pameu, pedalaman Aceh lewat film yang digarapnya, Semesta. Saat ini, Nico juga tengah melakukan penggalangan dana untuk masyarakat kurang mampu, anak yatim, mahout gajah di kawasan Tangkahan yang terkena dampak ekonomi karena pandemi.

Nadya Hutagalung

5 Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan Lewat Gerakan - Nadya Hutagalung
info gambar

Saat ini, Nadya diketahui menjabat sebagai UN Environment Goodwill Ambassador yang berfokus melindungi sejumlah hewan langka yang masih memiliki habitat di Indonesia. Nadya sendiri diketahui concern terhadap pelestarian gajah dan orang utan yang ada di Indonesia. Bahkan Nadya juga turut mengedukasi langsung ke masyarakat di Sumatera Utara mengenai adanya spesies orang utan baru di sana.

Hingga saat ini Nadya juga masih aktif berkeliling ke pusat konservasi hewan di berbagai Negara. Selain itu, Nadya juga pernah ditunjuk sebagai Duta Global Earth Hour dan WWF Elephant Warrior karena kepeduliannya terhadap lingkungan yang sangat tinggi.

Itulah lima artis Indonesia yang peduli lingkungan hidup. Semoga bisa menginspirasi dan penyemangat buat kita untuk bisa memulai aksi menyelamatkan lingkungan. Selamat hari lingkungan hidup sedunia!

Jika Kawan GNFI ingin membaca artikel seru dan inspiratif lainnya, silakan kunjungi youngontop.com, atau ikuti media sosial mereka di @youngontop.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini