Good News From Indonesia dan Distorsi Music Luncurkan Album #LaguUntukIndonesia di Wisma Atlet

Good News From Indonesia dan Distorsi Music Luncurkan Album #LaguUntukIndonesia di Wisma Atlet

Peluncuran #LaguUntukIndonesia. © GNFI

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Bertepatan dengan Hari Musik Dunia, Good News From Indonesia (GNFI) dan Distorsi Music Indonesia mengadakan acara peluncuran album lagu kolaborasi yang bertajuk #LaguUntukIndonesia #LawanCovid19.

Acara ini digelar di Taman Bahagia, Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Utara, pada Ahad malam (21/6/2020).

Acara ini bertujuan untuk mengampanyekan dan menyuarakan semangat, optimisme, dan harapan, baik di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 lewat lagu penyemangat. Beragam lagu penyemangat sudah dikumpulkan GNFI dan Distorsi Music Indonesia selama sebulan pelaksanaan (April–Mei).

Selama sebulan itu, telah terkumpul sebanyak 102 lagu yang diciptakan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Dari 102 lagu, terpilihlah 20 lagu dengan 10 lagu aransemen dan 10 lagu non aransemen. 20 lagu terpilih tersebut lalu diteruskan ke proses aransemen dan pengisian vokal.

Daftar 20 Lagu untuk Indonesia yang terpilih.
Daftar 20 Lagu untuk Indonesia yang terpilih. Sumber: GNFI

Terdapat tiga poin tema dan sasaran lagu yang diciptakan para kreator, yakni;

  • Menyemangati dan rasa terima kasih pada mereka yang berjuang di garis depan, antara lain tenaga kesehatan, aparat keamanan, dan petugas-petugas lainnya yang bekerja ekstra dan penuh risiko pada masa sulit ini
  • Menyemangati semua orang untuk Bersatu (bahu-membahu, membangun solidaritas, dan yakin kita mampu melewati ini bersama)
  • Edukasi tentang penanggulangan Covid-19 (baik untuk pribadi, keluarga, maupun komunitas/lingkungan)

Acara peluncuran album lagu kolaborasi #LaguUntukIndonesia dimulai dengan sambutan Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lilik Kurniawan, yang mewakili Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, yang tidak bisa hadir.

“Saya memberikan apresiasi untuk Good News From Indonesia dan sangat mendukung program ini. Musik adalah bahasa universal yang mudah dipahami dan diikuti oleh masyarakat. Keterlibatan peserta sekian banyak menunjukkan kecintaan mereka pada bumi pertiwi. Peran para musisi ini tentu akan sangat membantu dalam upaya program pemerintah menyampaikan pesan penanganan Covid-19 pada masyarakat,” ucap Lilik Kurniawan dalam sambutannya.

#LaguUntukIndonesia
#LaguUntukIndonesia merupakan proyek kolaborasi GNFI dan Distorsi Music Indonesia. Sumber: GNFI/Dimas Wahyu Indrajaya

Sebelum acara peluncuran, juga digelar talkshow bertajuk "Semangat Terus Indonesia" via berbagai platform internet yang dimoderatori pendiri GNFI, Akhyari Hananto. Sebagai pembicara terdapat Letkol Laut (K) drg. M. Arifin Sp.Ort., M.Tr (Opsis) yang bertugas sebagai Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Andre Rahadian selaku Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19, dan Relawan Kemanusiaan & Dosen London School Public Relation Jakarta yaitu Muhammad Hidayat, S.Ikom., M.Ikom.

Sebagai pembicara terdapat Letkol Laut (K) drg. M. Arifin Sp.Ort., M.Tr (Opsis) yang bertugas sebagai Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Andre Rahadian selaku Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19, dan Relawan Kemanusiaan & Dosen London School Public Relation Jakarta yaitu Muhammad Hidayat, S.Ikom., M.Ikom.

Talkshow #LaguUntukIndonesia
Talkshow #LaguUntukIndonesia. Sumber: Youtube.com/Good News From Indonesia

"Untuk saat-saat ini saya rasa adanya kampanye ini sangat bagus, apalagi saat ini musik sebagai pengantar kita di lapangan untuk memberi semangat. Harapan kita dari anak muda, sebagai milenial yang mempunyai sumber daya, pikiran, dan masih banyak lagi, kita sama-sama tahu bahwa Indonesia memiliki anak muda yang kuat dan mempunyai rasa optimis sehingga kita bisa terus mengikuti perkembangan tentang Covid-19 ini. Kita harapkan dari pandemi ini bisa mendapatkan pengetahuan baru dan masih bisa menebarkan semangat optimis seperti yang dilakukan GNFI lewat acara ini," terang Muhammad Hidayat.

"Anak muda ini saya sampaikan dengan semangat, ikuti protokol penanganan Covid-19. Kita berperang bersama, kita selesaikan pandemi ini, badai pasti berlalu. Mesti semangat karena tenaga medis di RSDC Wisma Atlet tetap semangat. Kampanye #LaguUntukIndonesia ini sungguh bagus jadi terima kasih untuk GNFI dan Distorsi Music Indonesia," ucap Letkol Laut (K) drg. M. Arifin Sp.Ort., M.Tr (Opsis).

Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Letkol Laut (K) drg. M. Arifin Sp.Ort., M.Tr (Opsis) mendapatkan souvenir dari GNFI dalam acara peluncuran Lagu untuk Indonesia.
Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Letkol Laut (K) drg. M. Arifin, (tengah) mendapatkan souvenir dari GNFI dalam acara peluncuran Lagu untuk Indonesia. Sumber: GNFI

"Acara kampanye ini merupakan salah satu upaya untuk terus mengajak masyarakat tetap disiplin menaati protokol kesehatan. Gunanya tentu untuk memutus penyebaran Covid-19. Jangan lupa untuk jaga jarak, kalaupun keluar harus pakai masker. Hal itu tentu meringankan tenaga medis di Indonesia seperti dr. Arifin. Ini adalah kesempatan besar untuk seluruh masyarakat khususnya anak muda dengan terus saling mengingatkan menaati protokol sehingga kita bisa kembali ke tata kehidupan yang baru," harap Andre Rahadian.

Salah satu peserta Lagu untuk Indonesia, Topan Tornado, menyanyikan lagu yang ia ciptakan di acara peluncuran.
Salah satu peserta #LaguUntukIndonesia, Topan Tornado, menyanyikan lagu yang ia ciptakan di acara peluncuran | GNFI @Dimas Wahyu Indrajaya

Setelah peluncuran, tak lupa para peserta #LaguUntukIndonesia yang terpilih dalam daftar
lagu terbaik menyanyikan lagu yang mereka ciptakan di depan para tenaga medis yang hadir dalam acara. Untuk lebih lanjutnya, lagu tersebut bisa didengar lewat alamat internet https://www.distorsimusic.id/luicovid19.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Mustafa Iman

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Cara Meraup ''Cuan'' dari Layangan Hias Saat Pandemi Covid-19 Sebelummnya

Cara Meraup ''Cuan'' dari Layangan Hias Saat Pandemi Covid-19

Tren Sepekan: Warna Warni Durian hingga Kepunahan Pesut Mahakam Selanjutnya

Tren Sepekan: Warna Warni Durian hingga Kepunahan Pesut Mahakam

Dimas Wahyu Indrajaya
@dimas_wahyu24

Dimas Wahyu Indrajaya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.