Manfaat Tol Laut di Indonesia

Manfaat Tol Laut di Indonesia
info gambar utama

Tol laut dapat didefinisikan sebagai suatu konsep proses pengangkutan logistik Indonesia. Konsep ini diharapkan dapat mempermudah distribusi barang hingga ke berbagai daerah pelosok nusantara, juga memeratakan harga bahan pokok di seluruh wilayah Indonesia.

Jika dilihat dari konteksnya, tol laut bermakna seakan-akan membuat jalan tol di atas laut. Namun makna yang dimaksud sebenarnya adalah menyediakan jalur pelayaran bebas hambatan yang terintegrasi dengan seluruh pelabuhan di Indonesia.

Pelabuhan yang terhubung dengan tol laut Indonesia sesuai cetusan Presiden Joko Widodo adalah pelabuhan Tanjung Priok-Tanjung Perak dan pelabuhan Sorong-Tanjung Perak.

Berikut ialah 15 jalur tol laut Indonesia:

  1. Tanjung Priok, Tanjung Batu, Tarempa, Natuna, Tanjung Priok
  2. Teluk Buyur, Pulau Nias Gunung Sitoli, Mentawai, Pulau Enggano, Teluk Buyur
  3. Tanjung Perak, Belang Belang, Sangatta, Nununkan, Pulau Sebatik, Tanjung Perak
  4. Tahuna, Kahakitang, Buhias, Tagulandang, Biaro, Lirung, Melangoane, Kakorotan, Miangas, Marore, Tahuna
  5. Tanjung Perak, Makaasar, Tahuna, Tanjung Perak
  6. Tobelo, Maba, Gebe, Obi, Sanana, dan Tobelo
  7. Tanjung Perak, Wanci, Namlea, Tanjung Perak
  8. Tanjung Perak, Tidore, Morotai, dan Tanjung Perak
  9. Tanjung Perak, Nabire, Serul, Wasior, Tanjung Perak
  10. Biak, Oransbari, Weren, Sarmi, Biak
  11. Tanjung Perak, Timika, Agats, Merauke, Tanjung Perak
  12. Tanjung Perak, Fakfak, Kaimana, Tanjung Perak
  13. Tanjung Perak, Larantuka, Adorana, Lewoleba Tanjung Perak
  14. Tanjung Perak, Saumlaki, Dodo, Tanjung Perak
  15. Tanjung Perak, Kalbahi, Moa, Rote, Sabu, Tanjung Perak
Potret Kapal tol laut | Foto: economy.okezone
info gambar

Masih banyak yang belum mengetahui kegunaan dari program tol laut karena tidak semua masyarakat Indonesia sudah merasakan dampak tol laut sendiri. Berikut beberapa manfaat tol laut di Indonesia.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dengan adanya tol laut di Indonesia, harga kebutuhan pokok di seluruh wilayah Indonesia akan sama rata. Pemerataan harga kebutuhan bahan pokok ini disebabkan oleh jalur dan harga distribusi bahan pokok yang tidak semahal sebelum adanya program tol laut. Begitu juga dengan harga jasa angkutan barang. Biaya pengangkutan barang kebutuhan pokok semakin murah berkat adanya program tol laut ini.

Meningkatkan Pendapatan Nelayan

Saat ini, pelabuhan yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo telah memiliki fasilitas yang lebih baik dan bersih, terutama pada bagian fasilitas penampung ikan yang akan dijual oleh nelayan.

Pembangunan Infrastruktur dan Mengurangi Angka Pengangguran

Sekitar 7 juta dari 270 juta penduduk Indonesia adalah pengangguran. Melalui program tol laut ini, diharapkan jumlah pengangguran dapat menurun karena infrastruktur dari setiap wilayah Indonesia telah diperbaiki, sehingga dapat juga dijadikan sebagai tempat berkunjung wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menciptakan Nawacita Pertama

Manfaat yang dirasakan oleh Indonesia dengan adanya tol laut ini adalah untuk memperkuat jati diri sebagai Negara maritim terbesar di dunia.

Kapal yang digunakan untuk melintasi tol laut adalah kapal yang memiliki kapasitas dan volume yang sangat besar. Kapal ini memuat banyak barang dalam jumlah besar. Pengangkutan barang dalam jumlah besar ini dilakukan dengan melintasi laut yang memiliki jarak tempuh yang cukup jauh.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini