DILo Hackathon Festival 2020

DILo Hackathon Festival 2020
info gambar utama

Akibat pandemi covid-19, aktivitas kehidupan masyarakat sekarang telah berubah menjadi “new normal”. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak berada dalam kerumunan, menjaga jarak antar sesama, dan menjaga kebersihan setiap saat.

Tak hanya itu, kebanyakan aktivitas saat ini di lakukan secara online, seperti pembelajaran di sekolah, perkantoran, dan sebagainya.

Hal ini menjadi motivasi bagi DILo untuk terus mendukung ekosistem digital di Indonesia dengan tetap rutin menggelar kegiatan secara online bagi para talent-talent digital.

Hal tersebut bertujuan supaya tetap berinovasi dalam kondisi saat ini. Oleh karena itu, tahun ini, Kompetisi Hackathon DILo akan diselenggarakan secara online.

Sebelumnya, DILo telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi & Training Telkom Digital Hands on Platform pada 8 Juni hingga 1 Juli 2020. Ada 3 kategori platform yang diikut sertakan antara lain Antares IoT, BigBox Developer API, dan BigBox Big Data.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menuju program DILo Hacakthon Festival 2020 ini merupakan rangkaian kegiatan bagi para developer Indonesia untuk menghasilkan produk dan inovasi digital terbaik.

Impacting for Indonesia merupakan tema yang dipilih untuk kompetisi tahun yang diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah yang ada di Indonesia, khususnya untuk daerah di masing-masing peserta.

Ada 6 kategori yang akan dikompetisikan, yaitu Health, Agriculture/Fishery, Education, Smart City, Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) Lifestyle, dan SMB/UMKM. Berhadiahkan dengan total Rp450.0000.000, masa registrasi dibuka mulai 27 Juli sampai 9 Agustus 2020.

Terhitung sampai hari ini, sudah ada 326 tim yang terdaftar untuk mengikuti kompetisi ini. Dari jumlah peserta yang mendaftar, akan terpilih 60 tim yang akan mengikuti kompetisi tersebut.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, waktu hacking akan dilaksanakan secara online dalam kurun waktu 3 minggu mulai 15 Agustus hingga 5 September 2020.

Selain itu, setiap tim akan mendapatkan insentif sebesar Rp300.000 sebagai subsidi dalam pelaksanaan hacking. Produk yang telah dihasilkan akan di nilai dalam Initial Picthing pada 8-9 September 2020.

Tim yang lolos dari tahap tersebut akan masuk ke tahap terakhir, yaitu Final Pitching yang akan dilaksanakan pada 15-16 September 2020. Kemudian, akan dipilih 4 juara dari masing-masing kategori yang berhak mendapatkan hadiah untuk jurara 1 sebesar Rp30.0000.000, juara 2 Rp20.000.000, juara 3 Rp15.000.000, dan juara harapan Rp10.0000.000.

Pemenang kompetisi akan diumumkan pada acara Awarding pada 18 September 2020 yang tentunya akan dilaksanakan secara online.

Dengan adanya kegiatan ini, semoga akan banyak bermunculan produk inovasi dari member DILo yang akan dihasilkan melalui program DILo Hackathon Festival 2020 yang dapat membantu memberikan solusi digital bagi masalah di Indonesia.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini