Perkembangan Bisnis Online di Indonesia: Keuntungan Dan Tips Memulai

Perkembangan Bisnis Online di Indonesia: Keuntungan Dan Tips Memulai
info gambar utama

Dari tren yang serba digital seperti sekarang ini, Kawan GNFI pasti bisa melihat bahwa perkembangan bisnis online di Indonesia berkembang sangat signifikan. Salah satu tolok ukurnya adalah orang–orang yang ada di sekitar Kawan GNFI.

Sekarang coba lihat, berapa banyak keluarga, kerabat, dan teman–teman dari Kawan GNFI yang mulai berbisnis online, dan mungkin mendapatkan keuntungan dari bisnis online?

Bahkan, ada beberapa orang yang “berani” resign dari pekerjaannya, karena lebih memilih fokus mengelola bisnis onlinenya.

Lantas, apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis online? Bagaimana tips memulai bisnis secara online?

Berikut ulasannya!

Keuntungan Utama Dari Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

2 Keuntungan Utama Dari Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

1 – Dari Sisi Penjual

Belasan bahkan puluhan tahun yang lalu, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berbisnis.Karena waktu itu, orang – orang yang ingin berbisnis harus memiliki modal untuk menyewa toko, mengalokasikan budget promosi, dan lain – lain.

Tapi saat ini, memulai bisnis bisa dilakukan secara online, tentunya dengan biaya yang relatif lebih murah.

Contoh:

Peran toko sudah bisa digantikan dengan website. Dan budget promosi pun bisa lebih minim. Sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berbisnis online.

Lebih jauh lagi, di ranah online, para pemilik usaha kecil bisa bersaing dengan brand dan perusahaan ternama yang sudah lebih dahulu eksis.

2 – Dari Sisi Pembeli

Perkembangan bisnis online di Indonesia juga memberikan keuntungan tersendiri bagi para calon pembeli.

Contoh:

Calon pembeli bisa berbelanja online secara efektif dan efisien. Maksudnya, mereka bisa berbelanja menggunakan gadgetnya, sehingga hemat ongkos. Berikutnya calon pembeli memiliki lebih banyak pilihan. Karena lagi – lagi mereka bisa mengakses berbagai macam produk yang ingin dibeli melalui gadget.

Terakhir, calon pembeli bisa “lebih puas” melihat – lihat barang yang mereka inginkan.

Maksudnya?

Kawan GNFI mungkin pernah datang ke suatu toko pakaian, karena memang ingin membeli baju.Tapi terkadang, ketika sedang asyik melihat – lihat, Kawan GNFI selalu “Diikuti” oleh pegawai dari toko tersebut.

Niat dari pegawai tersebut tentu saja bagus. Yakni ingin membantu. Tapi beberapa orang mungkin merasa risih dengan hal tersebut.

Dan bisa jadi Kawan GNFI termasuk salah satunya.

Tips Jitu Memulai Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

1 – Menjual Produk Yang Dibutuhkan Pasar

Kalau Kawan GNFI ingin menjual produk yang berpotensi laris, maka harus mencari produk yang benar – benar dibutuhkan oleh pasar. Fokusnya adalah mencari tahu kebutuhan pasar terlebih dahulu, kemudian memberikan solusi berupa produk yang nantinya akan dijual.

Dengan cara ini, produk yang Kawan GNFI jual akan berpeluang besar untuk laris. Bagaimana cara mencari produk yang dibutuhkan pasar? Cara paling mudah adalah mencari tahu kebutuhan orang – orang di sekitar. Tapi kalau ingin lebih luas lagi, Kawan GNFI bisa menggunakan google trends.

2 – Membuat Landing Page Atau Website

Setelah berhasil menentukan produk, Kawan GNFI harus membuat landing page atau website untuk menampilkan produk tersebut, sehingga bisa dilihat oleh target market. Landing page ibarat “brosur online” yang bisa menjelaskan suatu produk secara lebih detail kepada calon pembeli.

Sedangkan website memiliki fungsi yang lebih luas lagi. Mulai dari sarana mempromosikan produk, tempat melakukan transaksi penjualan, hingga branding. Semuanya bisa dilakukan di dalam website.

Tips:

Kalau Kawan GNFI hanya memiliki 1 produk saja, sebaiknya gunakan landing page. Karena biayanya lebih ekonomis, dan proses pembutannya pun lebih singkat. Tapi kalau Kawan GNFI memiliki banyak produk dan ingin menulis konten edukatif secara berkala untuk calon pembeli, maka pilihan terbaik adalah menggunakan website.

Karena website memiliki banyak halaman yang bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan Kawan GNFI.

3 – Melakukan Promosi Dengan Tepat Sasaran

Langkah berikutnya adalah mempromosikan produk Kawan GNFI ke target market yang tepat. Maksudnya di sini, Kawan GNFI sebaiknya hanya menawarkan produk kepada orang – orang yang kemungkinan besar tertarik.

Pertama, HINDARI SPAM.

Kedua, Kawan GNFI bisa menggunakan teknik SEO, yang merupakan akronim dari Search Engine Optimization, atau Optimasi Mesin Pencari.

Ringkasnya, SEO merupakan teknik pemasaran online (Jangka panjang) yang mengupayakan agar website Kawan GNFI bisa tampil di halaman 1 mesin pencari secara organik, atau tanpa menggunakan iklan.

Tujuannya agar website tersebut dikunjungi banyak orang, dan berpeluang menghasilkan penjualan.

Teknik SEO ini bisa Kawan GNFI kerjakan sendiri jika mampu.

Tapi kalau mau praktis dan tidak ingin mengambil resiko, Kawan GNFI bisa menggunakan layanan Konsultan SEO yang tentunya lebih berpengalaman akan hal ini.

Kesimpulan Tentang Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Poin terakhir yang harus Kawan GNFI lakukan adalah follow up.

Misalnya, menjaga hubungan baik dengan semua pembeli, agar mereka menjadi pelanggan tetap.

Lagi pula, dari pada terus menerus mencari pembeli baru, akan lebih efektif dan efisien jika Kawan GNFI fokus “Menjaga” pembeli lama.

Karena kalau mereka merasa puas dengan kualitas produk dan pelayanannya, besar kemungkinan mereka akan mempromosikan bisnis Kawan GNFI secara sukarela ke orang – orang di sekitarnya.

Sangat menguntungkan bukan?

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini